Arena adalah simulasi kejadian diskrit
perangkat lunak simulasi dan perangkat lunak otomatisasi yang dikembangkan oleh
Systems Modeling dan diakuisisi oleh Rockwell Otomasi pada tahun 2000. Ia
menggunakan prosesor SIMAN dan bahasa simulasi.
Pada 2010, dalam versi 13.0. Ia telah
mengemukakan bahwa Arena bisa bergabung dengan paket lain Rockwell perangkat lunak di bawah merek "FactoryTalk". Di Arena, pengguna membangun model eksperimen
dengan menempatkan modul (kotak dari berbagai bentuk) yang merupakan proses
atau logika. Garis Konektor digunakan untuk bergabung dengan modul-modul ini
bersama-sama dan menentukan aliran entitas. Sementara modul memiliki tindakan
spesifik relatif terhadap badan, aliran, dan waktu, representasi yang tepat
dari setiap modul dan entitas relatif terhadap benda-benda nyata tunduk
pemodel. Data statistik, seperti waktu siklus dan WIP (barang dalam proses)
tingkat, dapat direkam dan yang ditampilkan sebagai laporan. Arena terintegrasi
sangat baik untuk teknologi Microsoft.
Hal ini termasuk Visual
BasicforApplications sehingga model dapat lebih otomatis jika algoritma
yang spesifik diperlukan. Ini juga mendukung impor MicrosoftVisio diagram alur, serta membaca dari atau keluaran untuk
spreadsheet Excel dan database Access. Hosting ActiveX kontrol juga didukung.
Simbol-simbol
yang Digunakan dalam Penglahan Arena 10.0
Pada model simulasi menggunakan software Arena, terdapat beberapa komponen yang dijelaskan sebagai berikut:
1. Station
Modulstationini
digunakan untuk membuat stasiun kedatanganentity dan untuk mengatur transfer time.
Dalam modul ini dapat diisikan nama stasiun dan tipe stasiun.
2. Route
Modulroute ini digunakan untuk membuat rute yang akan dijalanioleh produk yang
berada pada stasiun sebelumnya. Pada modul ini dapat juga disikan nama
stasiun, route time, units dalam satuan jam, menit, atau hari, dandestination type.
3. Resource
Modul ini berfungsi untuk membuat schedule material yang akan mengalami
proses produksi. Dalam modul ini kita dapat nama schedule, time unit yang akan digunakan, dan durasi yang diinginkan. Simbolresourcedapat
berubah untuk menunjukkan statusnya ( idle, busy, inactive). Statusresourceini sifatnyauser-defined.
4. Create
Createdigunakan
untuk mengenerateentity yang akan
datang. Dalam modul ini dapat juga dimasukkan nama, jenis data dan juga jumlah
bahan atau komponen dalam satuan jam, menit atau hari.
5. Process
Process digunakan
untuk memproses entity yang datang
dalam simulasi. Dimodul ini bisa dimasukan nama atau logo, jenis action, tipe delay, unit, dan
alokasi.
6. Assign
Assigndigunakan untuk memasukkan nilai baru
pada variable,
entity atribut, entity typeatau variable lain pada sistem.
7. Dispose
Dispose digunakan untuk mengeluarkan entity
dari sistem. Dalam modul ini dapat
dimasukan nama pada stasiun penyimpanan.
8. Decide
Decidedigunakanuntuk menentukan keputusan didalam
proses.
9. Record
Record digunakan untuk memunculkan
data statistik pada model simulasi,type
data statistik yang dapat dimunculkan seperti waktuantar kedatangan.
10. Queue
(Antrian)
Ketika
entitas tidak dapat bergerak, dapat dimungkinkan sedang terdapat entitas lain
yang sedang berproses dalam system, sehingga entitas yang tidak dapat
bergerak tersebut dapat ditampung dalam suatu wadah sampai entitas lain yang
menghambat selesai berproses. Wadah tersebut disebut queue (antrian).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar