Selasa, 27 November 2018

Uji Reliabilitas


Reliabilitas sebuah alat ukur berkenaan dengan derajat konsistensi dan stabilitas data yang dihasilkan dari proses pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tersebut. Pengujian reliabilitas pada umumnya dikenakan untuk pengujian stabilitas instrumen dan konsistensi internal instrumen. Pengujian terhadap kedua karakteristik dari instrumen tersebut dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti indeks reliabilitas Spearman-Brown, Flanagan, dan Hoyt. Teknik pengujian lain yang juga banyak digunakan ialah Koefisien Alpha Cronbach. Berikut ini akan dijelaskan berbagai metode pengujian reliabilitas instrumen tersebut, yaitu sebagai berikut:
1.  Formula Spearman-Brown
Pengujian konsistensi instrumen dengan menggunakan formula Spearman-Brown didasarkan pada metode split-half korelasi antar belaha pertama dan kedua dihitung menggunakan formula sebagai berikut:

Dimana, r11 adalah reliabilitas instrumen dan rxy adalah indeks korelasi antar dua belah instrumen.
Jika dua belah instrumen memberikan koefisien korelasi rxy misalnya 0,582, maka reliabilitas instrumen tersebut dapat dihitung sebagai berikut:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...