Rabu, 28 November 2018

Desain Eksperimen

Desain eksperimen adalah suatu rancangan (dengan tiap langkah tindakan yang betul-betul terdefinisikan) sedemikian sehingga informasi yang berhubungan dengan atau yang diperlukan untuk persoalan yang diselidiki dapat dikumpulkan. Dengan kata lain, desain sebuah eksperimen merupakan langkah-langkah lengkap yang perlu dilakukan sebelum eksperimen dilakukan agar data yang dperlukan dapat diperoleh sehingga akan membawa analisis obyektif dan kesimpulan yang berlaku.
              Sebagai contoh misalnya untuk menentukan pengaruh minyak dan oli dalam pembakaran di mesin, maka akan timbul pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.      Bagaimana pengaruh minyak yang diukur
2.      Karakteristik apa yang harus dianalisis
3.      Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi karakteristik yang harus dianalisis tersebut
4.      Faktor-faktor manakah yang penting untuk dianalisis
5.      Berapa kali eksperimen harus dilakukan
6.      Metode analisis mana yang harus dianalisis
7.      Berapa besar pengaruh yang dinggap penting
8.      Perlukah eksperimen kontrol dilakukan untuk dijadikan perbandingan
9.      Bagaimana eksperimen harus dilakukan
Contoh di atas memperlihatkan bahwa suatu desain untuk mengerjakan eksperimen perlu dibuat selengkap mungkin dan dilakukan dengan sebaik-baiknya.
  
Beberapa keuntungan melakukan perancangan eksperimen antara lain adalah:
1.      Perancangan eksperimen dapat digunakan dalam mengidentifikasi kunci keputusan tidak hanya dalam pengendalian proses tetapi juga untuk peningkatan atau perbaikan proses.
2.      Pada pengembangan proses baru di mana data historis tidak tersedia, perancangan eksperimen digunakan pada fase pengembangan karena dapat menunjukkan faktor-faktor yang penting yang akan memaksimumkan hasil dan mengurangi biaya secara keseluruhan.

Perancangan eksperimen dapat membantu mengurangi lead time antara desain dan manufacturing dan menghasilkan desain yang robust (kokoh) terhadap faktor-faktor yang tidak terkontrol.
Sudjana,  Desain dan Analisis Eksperimen, (Bandung: Penerbit Tarsito, 1994), h. 1-6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...