Selasa, 18 Desember 2018

Aplikasi Distribusi Eksponensial dalam Teori Antrian

Sistem antrian terdiri dari kedatangan dan keberangkatan (kejadian) yang timbul dalam satu interval waktu dengan kondisi sebagai berikut:
1. Probabilitas dari sebuah kejadian (kedatangan dan keberangkatan)+ s yang timbul antara t dan t bergantung hanya pada panjangnya s , yang berarti bahwa probabilitas tidak bergantung pada t atau jumlah kejadian yang timbul selama periode waktu (0,t). Secara matematisberarti fungsiprobabilitas memiliki penambahan independenstasioner.
2. Probabilitas kejadian yang timbul selama interval waktu yang sangat kecil hadalahpositif tetapi kurang dari satu.
3. Paling banyak satu kejadian dapat timbul selama interval waktu yang sangat kecil dari h.

Dari ketiga kondisi tersebut menggambarkan dimana jumlah kejadian selama satu interval waktu adalah proses Poisson, dan karena itu interval waktu antara beberapa kejadian yang berturut-turut adalah eksponensial. Interarrival time berdistribusi eksponensial dengan parameter λ jika dan hanya jika banyaknya kedatangan yang terjadi pada interval waktu t mengikuti distribusi Poisson dengan parameter λt. Distribusi Poisson merupakan proses yang sepenuhnya acak, karena memiliki sifat bahwa interval waktu yang tersisa sampai pemunculan kejadian berikutnya sepenuhnya tidak bergantung pada interval waktu sebelumnya. Sifat ini sesuai dengan sifat Lack of Memory yang dimiliki moleh distribusi Eksponensial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...