Senin, 31 Desember 2018

Simulasi Antrian dengan Statistik


Simulasi ialah suatu metodologi untuk melaksanakan percobaan denganmenggunakan model dari satu sistem nyata. Simulasi merupakan suatu model pengambilan keputusan dengan mencontoh atau mempergunakan gambaran sebenarnya dari suatu sistem kehidupan dunia nyata tanpa harus mengalaminya pada keadaan yang sesungguhnya. Simulasi digunakan pada antrian tersebut untuk menganalisis server optimum yang akan digunakan pada antrian yang diteliti apakah dengan adanya penambahan atau pengurangan server suatu sistem akan semakin baik atau buruk.
Meskipun model analitik sangat berguna dan sering digunakan, namun masih terdapat beberapa keterbatasan, yaitu:
1.   Model analitik tidak mampu menelusuri perangai suatu sistem pada masa lalu dan masa mendatang melalui pembagian waktu. Model analitik hanya memberikan penyelesaian secara menyeluruh, suatu jawab yang mungkin tunggal dan optimal tetapi tidak menggambarkan suatu prosedur operasional untuk masa lebih singkat dari masa perencanaan. Misalnya, penyelesaian persoalan program linier dengan masa perencanaan satu tahun, tidak menggambarkan prosedur operasional untuk masa bulan demi bulan, minggu demi minggu, atau hari demi hari.
2.   Model matematika yang konvensional sering tidak mampu menyajikan sistem nyata yang lebih besar dan rumit (kompleks). Sehingga sukar untuk membangun model analitik untuk sistem nyata yang demikian. Kalaupun model matematika mampu menyajikan sistem nyata yang kompleks demikian, tetapi bisa jadi tidak mungkin diselesaikan dengan hanya menggunakan teknik analitis yang sudah ada. Seperti sistem pedesaan yang dikaitkan dengan faktor ekonomi, sosial, politik, dan lain – lain.
3.  Model analitik terbatas pemakaiannya dalam hal – hal yang tidak pasti dan aspek dinamis (faktor waktu) dari persoalan manajemen. Berdasarkan hal di atas, maka konsep simulasi dan penggunaan model simulasi merupakan solusi terhadap ketidakmampuan dari model analitik.
Beberapa alasan yang dapat menunjang kesimpulan di atas adalah sebagai berikut:
1.   Simulasi dapat memberi solusi kalau model analitik gagal melakukannya.
2.  Model simulasi lebih realistis terhadap sistem nyata karena memerlukan asumsi yang lebih sedikit. Misalnya, tenggang waktu dalam model persediaan tidak perlu harus deterministik.
3.   Perubahan konfigurasi dan struktur dapat dilaksanakan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan: what happen if… Misalnya, banyak aturan dapat dicoba untuk mengubah jumlah langganan dalam sistem antrian.
4.   Dalam banyak hal, simulasi lebih murah dari percobaannya sendiri.
5.   Simulasi dapat digunakan untuk maksud pendidikan.
6.   Untuk sejumlah proses dimensi, simulasi memberikan penyelidikan yang langsung dan terperinci dalam periode waktu khusus.
Namun model simulasi juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
1.   Simulasi bukanlah presisi dan juga bukan suatu proses optimisasi. Simulasi tidak menghasilkan solusi, tetapi ia menghasilkan cara untuk menilai solusi termasuk solusi optimal.
2.   Model simulasi yang baik dan efektif sangat mahal dan membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan model analitik.
3.   Tidak semua situasi dapat dinilai melalui simulasi kecuali situasi yang memuat ketidakpastian (Siagian, 1987).

Langkah-Langkah Simulasi Sistem Antrian dengan Server Optimum
Adapun langkah-langkah simulasi sistem antrian adalah sebagai berikut ini.
1.        Dilakukan perhitungan peluang kumulatif data frekuensi kedatangan.
2.        Dibangkitkan bilangan random.
3.        Disusun bilangan random dalam simulasi.
4.        Ditentukan batasan peluang poisson.
5.        Disusun nilai batasan peluang poisson dalam simulasi.
6.        Dibangkitkan bilangan random terhadap data waktu antar kedatangan.
7.        Dibangkitkan bilangan random terhadap data waktu tingkat pelayanan.
8.        Diperoleh hasil simulasi sistem antrian.
9.        Ditulis hasil simulasi sistem antrian pada checkseet.
10.    Dilakukan analisis dengan hasil simulasi sistem antrian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...