Rabu, 26 Desember 2018

Olah Data dengan Statistik di medan



Jasa olah data salah satunya dengan ilmu statistik sehingga ilmu statistik tidak akan lepas dari suatu penelitian. Kami menyediakan jasa pengolahan data dengan menggunakan ilmu statistik yang belokasi dikota medan. Tahapan yang dilakukan untuk olah data sebagai berikut.

Penentuan Ide
Ide merupakan langkah awal alam suatu penelitian dan ide tersebut akan dijadikan sebagai dasar judul penelitian. Ide bukan lah yang mudah diperoleh bahkan harus membaca dari berbagai literatur dan ada juga yang memperoleh ide tersebut dari brainstorming.

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian harus jelas dan sesuai dengan ruang lingkup penelitian. Tujuan penelitian berdasarkan ide penelitian dan harus dibuat batasan penelitian agar penelitian tepat sasaran. Dengan begitu penelitian tidak melebar luas, dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan tahap yang selanjutnya dilakukan dalam suatu penelitian. Pengumpulan data merupakan ujung tombak dari suatu penelitian dan dan harus ilakukan dalam penelitian. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan survey seperti wawancara, observasi, kuisioner dan studi dokumen. Dari pengumpulan data tersebut akan di olah sesuai dengan tujuan penelitian.
Jenis-jenis data dapat dibagi berdasarkan sifatnya, sumbernya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya. Menurut sifatnya, jenis-jenis data yaitu:
·  Data Kualitatif: data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau gaya kepemimpinan, dll.
·  Data Kuantitatif: data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham, besarnya pendapatan, dll.
Jenis-jenis data menurut sumbernya, antara lain:
·     Data Internal: data intenal adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.
·    Data Eksternal: data eksternal adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.
Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain:
· Data Primer (primary data): data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.
·   Data Sekunder (secondary data): data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.
Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:
·   Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Misalnya; data penelitian yang menggunakan kuesioner.
·    Data berkala (time series data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut. Misalnya, perkembangan uang beredar, harga 9 macam bahan pokok penduduk.
Olah Data
Data yang dikumpulkan tersebut akan di olah sehingga data tersebut dapat diterjemahkan. Olah data dilakukan karena data yang dikumpulan tersebut masih belum dapat di terjemahkan dan ditarik kesimpulan. Olah data dilakukan dengan uji statistik seperti uji paremetrik, uji non parametrik, uji chi square, uji Anava, uji Validitas, uji realibilitas, uji normal, uji distribusi data dan berbagai uji statistik lainnya. Untuk memudahkan pengujian statistik konsultan statistik juga menggunakan software seperti

SPSS singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences digunakan untuk mempermudah untuk mengerjakan tugas-tugas statistik, baik untuk keperluan penelitian maupun non penelitian.
MiniTAB merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitabmengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitabdikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A.

PowerSIM adalah salah satu software untuk simulasi model system dynamics. Jadi Powersim hanyalah merupakan alat (tool) untuk mempermudah simulasi model system dynamics. Perlu ditegaskan di sini bahwa menggunakan software Powersim tidak berarti dengan sendirinya menggunakan metodologi system dynamics

Win QSB merupakan sistem interaktif untuk membantu pengambilan keputusan yang berisi alat yang berguna untuk memecahkan berbagai jenis masalah dalam bidang riset operasi. Sistem ini terdiri dari modul-modul yang berbeda, satu untuk setiap model jenis atau masalah.

AMOS merupakan singkatan dari Analysis Moment of Structural yang merupakan salah satu program yang dirancang khusus untuk menyelesaikan Structural Equation Modeling (SEM). Sebenarnya juga banyak program lain yang serupa misalnya EQS, LISREL, LISCOMP, STATISTICA dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...