Sabtu, 29 Desember 2018

Teori Antrian dalam Statistik



Teori antrian adalah teori yang menyangkut studi matematis dari antrianatau baris-baris penungguan. Formasi baris-baris penungguan ini tentu sajamerupakan suatu fenomena yang biasa terjadi apabila kebutuhan akan suatupelayanan melebihi kapasitas yang tersedia untuk menyelenggarakan pelayananitu. Keputusan-keputusan yang berkenaan dengan jumlah kapasitas ini harusdapat ditentukan, walaupun sebenarnya tidak mungkin dapat dibuat suatu prediksiyang tepat mengenai kapan unit-unit yang membutuhkan pelayanan itu akandatang dan atau berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelenggarakan  pelayanan itu.
Suatu proses antrian (queueing process) adalah suatu proses yangberhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitaspelayanan, kemudian menunggu dalam suatu baris (antrian) jika semua pelayannyasibuk, dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut. Sebuah sistem antrian adalahsuatu himpunan pelanggan, pelayan, dan suatu aturan yang mengatur kedatanganpara pelanggan.
Sebuah sistem antrian adalah suatu proses kelahiran-kematian dengansuatu populasi yang terdiri atas pelanggan yang sedang menunggu mendapatkanpelayanan atau yang sedang dilayani. Suatu kelahiran terjadi apabila seorangpelanggan tiba di suatu fasilitas pelayanan, sedangkan apabila pelanggannyameninggalkan fasilitas tersebut maka terjadi suatu kematian. Keadaan sistemadalah jumlah pelanggan dalam suatu fasilitas pelayanan.


Jasa Studi Kelayakan
Konsultan Studi Kelayakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...