Kamis, 06 Desember 2018

Uji Homogenitas Varian


Asumsi dasar dari analisis ANOVA adalah bahwa seluruh kelompok yang terbentuk harus memiliki varian yang sama. Untuk menguji asumsi dasar ini dapat dilihat dari hasil test homogenitas dari varians dengan menggunakan uji Levene Statistic. Hipotesis yang digunakan dalam tes homogenitas varian adalah:
H0 : Diduga bahwa seluruh varians populasi adalah sama
H1 : Diduga bahwa sseluruh varians populasi adalah berbeda
Dasar dari pengambilan keputusan adalah:
1.      Jika probabilitas > 0,05, maka H0 diterima
2.      Jika probabilitas < 0,05, maka H0 ditolak

1. Uji Bartlett

Untuk menguji homogenitas varian antar kelompok digunakan uji Bartlett. Uji Bartlett dilakukan terhadap empat kelompok data. Kiteria pengujian varians homogen jika 2 hitung < 2 tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan derajat kebebasan (k – 1).
Ada beberapa metode yang telah ditemukan untuk melakukan pengujian ini. Tetapi disini hanya akan diberikan sebuah saja yang dikenal dengan nama uji Bartlett.
Perlu diingat bahwa uji Bartlett untuk hipotesis nol ditempuh berdasarkan sampel acak berukuran nyang masing – masing telah diambil dari populasi ke I ( i = 1,2,…,k ) yang berdistribusi normal. Jelas bahwa sebelum uji Bartlett dilakukan terlebih dahulu harus diperiksa mengenai normalitas populasinya.
Tabel 1. Daftar  Harga – Harga Yang Perlu Untuk Uji Bartlett


2.     Koefisien Homogenitas

Pengujian tambahan terhadap reliabilitas instrumen dapat dilakukan dengan menghitung koefisien homogenitas. Koefisien homogenitas adalah korelasi antara item-item individual dengan skor total dari semua item. Semakin tinggi koefisien semakin andal instrumen tersebut. Jika korelasi antara item individual dengan skor totalnya tidak signifikan maka item tersebut tidak valid.

Jasa Studi Kelayakan
Konsultan Studi Kelayakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...