Senin, 31 Desember 2018

Sofware Arena dalam Statistik


Arena adalah simulasi kejadian diskrit perangkat lunak simulasi dan perangkat lunak otomatisasi yang dikembangkan oleh Systems Modeling dan diakuisisi oleh Rockwell Otomasi pada tahun 2000. Ia menggunakan prosesor SIMAN dan bahasa simulasi.
Pada 2010, dalam versi 13.0. Ia telah mengemukakan bahwa Arena bisa bergabung dengan paket lain Rockwell perangkat lunak di bawah merek "FactoryTalk". Di Arena, pengguna membangun model eksperimen dengan menempatkan modul (kotak dari berbagai bentuk) yang merupakan proses atau logika. Garis Konektor digunakan untuk bergabung dengan modul-modul ini bersama-sama dan menentukan aliran entitas. Sementara modul memiliki tindakan spesifik relatif terhadap badan, aliran, dan waktu, representasi yang tepat dari setiap modul dan entitas relatif terhadap benda-benda nyata tunduk pemodel. Data statistik, seperti waktu siklus dan WIP (barang dalam proses) tingkat, dapat direkam dan yang ditampilkan sebagai laporan. Arena terintegrasi sangat baik untuk teknologi Microsoft. Hal ini termasuk Visual BasicforApplications sehingga model dapat lebih otomatis jika algoritma yang spesifik diperlukan. Ini juga mendukung impor MicrosoftVisio diagram alur, serta membaca dari atau keluaran untuk spreadsheet Excel dan database Access. Hosting ActiveX kontrol juga didukung.

 Simbol-simbol yang Digunakan dalam Penglahan Arena 10.0
Pada model simulasi menggunakan software Arena, terdapat beberapa komponen yang dijelaskan sebagai berikut:
1.  Station                                   
Modulstationini digunakan untuk membuat stasiun kedatanganentity  dan untuk mengatur  transfer time. Dalam modul ini dapat diisikan nama stasiun dan tipe stasiun.

2.   Route
Modulroute ini digunakan untuk membuat rute yang akan dijalanioleh produk yang berada pada stasiun sebelumnya. Pada modul ini dapat juga disikan nama stasiun, route time, units dalam satuan jam, menit, atau hari, dandestination type.

3. Resource 
Modul ini berfungsi untuk membuat schedule material yang akan mengalami proses produksi. Dalam modul ini kita dapat nama  schedule, time unit yang akan digunakan, dan durasi yang diinginkan. Simbolresourcedapat berubah untuk menunjukkan statusnya ( idle, busy, inactive). Statusresourceini sifatnyauser-defined.

4. Create
Createdigunakan untuk mengenerateentity yang akan datang. Dalam modul ini dapat juga dimasukkan nama, jenis data dan juga jumlah bahan atau komponen dalam satuan jam, menit atau hari.

5.   Process
Process digunakan untuk memproses entity yang datang dalam simulasi. Dimodul ini bisa dimasukan nama atau logo, jenis action, tipe delay, unit, dan alokasi.

6.  Assign 
Assigndigunakan untuk memasukkan nilai baru pada variable, entity atribut, entity typeatau variable lain pada sistem.

7.  Dispose
Dispose digunakan untuk mengeluarkan entity dari sistem. Dalam modul ini dapat dimasukan nama pada stasiun penyimpanan.

8. Decide
Decidedigunakanuntuk menentukan keputusan didalam proses.

9.    Record  
Record digunakan untuk memunculkan data statistik pada model simulasi,type data statistik yang dapat dimunculkan seperti waktuantar kedatangan.

10. Queue (Antrian)
       Ketika entitas tidak dapat bergerak, dapat dimungkinkan sedang terdapat entitas lain yang sedang berproses dalam system, sehingga entitas yang tidak dapat bergerak tersebut dapat ditampung dalam suatu wadah sampai entitas lain yang menghambat selesai berproses. Wadah tersebut disebut queue (antrian).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengerjaan Statistik

Jasa Pengerjaan Statistik. Statistik atau pengolahan data merupakan satu dari banyaknya bagian terpenting dalam metode ilmiah yang sangat b...