Kamis, 07 Februari 2019

Variasi


Variasi adalah penting untuk mengetahui bagaimana suatu proses itu bervariasi didalam menghasilkan produk sehingga dapat diambil tindakan tindakan peningkatan proses itu secara tepat. Variasi merupakan  ketidakseragaman dalam proses operasional sehingga menimbulkan perbedaan dalam kualitas produk (barang/jasa) yang dihasilkan. Pada dasarnya dikenal dua sumber variasi yaitu:

1.      Variasi Penyebab Khusus (Special Cause Variation)
Variasi Penyebab Khusus adalah kejadian - kejadian diluar sistem manajemen kualitas yang mempengaruhi variasi dalam sistem itu. Penyebab khusus dapat bersumber dari faktor-faktor: Manusia, Mesin, Material dan Metode. Penyebab khusus ini mengambil pola Non Acak (Non Random Patterns) sehingga dapat diidentifikasikan atau ditemukan sebab mereka tidak selalu aktif dalam proses tetapi memiliki pengaruh yang lebih kuat pada proses, sehingga menimbulkan variasi.
2. Variasi Penyebab Umum (Common Cause Variation) adalah faktor-faktor didalam sistem manajemen kualitas atau yang melekat pada proses yang menyebabkan timbulnya variasi dalam sistem itu beserta hasil-hasilnya. Penyebab umum sering disebut sebagai Penyebab Acak (Random Causes) atau Penyebab Sistem (System Causes). Karena penyebab umum ini selalu melekat pada sistem manajemen kualitas, untuk menghilangkannya kita harus menelusuri elemen-elemen dalam sistem itu dan hanya pihak manajemen yang dapat memperbaikinya. Dalam analisis data dengan menggunakan Peta Kontrol (Control Chart) jenis variasi ini sering ditandai dengan titik-titik pengamatan yang berada dalam Batas-Batas Pengendalian yang Didefinisikan (Defined Control Limit).

Chance Cause
Chance Cause disebut juga penyebab umum yaitu yang terjadi selama proses, bersifat acak dan tak dapat dikontrol jika hanya ada penyebab umum saja, proses dianggap stabil dan terkontrol. Contoh : Suhu ruangan.

Assignable Cause
Terjadi variasi karena pengaruh dari luar, jika ada proses dikatakan tak terkontrol. Contoh: salah alat dan kesalahan operator. Proses in control ketika proses yang berjalan hanya disebabkan oleh Chance Cause (Penyebab Umum). Proses out of control ketika proses yang berjalan disebabkan oleh Assignable Cause (Penyebab Khusus).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulasi dengan Vensim

Simulasi dengan Vensim adalah perangkat lunak simulasi sistem dinamis yang digunakan untuk memodelkan, menganalisis, dan mensimulasikan ber...