Sabtu, 23 Februari 2019

Target Pemasaran


Setiap perusahaan wajib menentukan target pemsaran, yang tidak lain adalah jumlah barang/jasa yang terjual digabungkan dengan pendapatan. Jumlah tersebut diperkirakan sejak awal dan disesuaikan pula dengan pangsa pasar serta daya beli konsumen. Barulah nanti dihitung laba atau keuntungan seperti yang juga telah
ditargetkan sejak awal. 

Target penjualan erat kaitannya dengan Market Segments, yakni kelompok konsumen yang sama-sama memiliki tujuan merespon suatu produk. Pada faktor ini, pasar dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan dengan kebutuhan, tingkah laku dan karakteristik.

Selain segmen pasar, ada pula target market yakni kegiatan perusahaan untuk melayani sekumpulan orang yang punya kebutuhan dan karakteristik sama. Jadi dapat disimpulkan bila target market merupakan hasil evaluasi segmen pasar yang bertujuan untuk menyeleksi beberapa segmen.

Erat kaitannya studi kelayakan bisnis dengan aspek pemasaran. Sebab kesuksesan suatu proyek perusahaan bisa dilihat dari seleran pasar dan yang hubungannya dengan market. Sebab market adalah target utama dari diselenggarakannya bisnis. Maka dari itu, rules studi kelayakan bisnis terhadap aspek pasar yaitu.

a) Apabila produk tidak lagi marketable, maka studi kelayakan bisnis dihentikan. Oleh sebab itu perusahaan haruslah memproduksi yang sesuai dengan pasar

b) Permintaan terhadap produk dan jasa harus terus meningkat. Jika terjadi penurunan maka analisa studi kelayakan bisnis dihentikan. Sebab tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan


c) Studi kelayakan bisnis juga perlu memperhatikan adanya hal-hal yang tidak dilarang oleh negara. Sebab apabila tidak memenuhi aturan maka tidak bisa lagi direkomendasikan


d) Teknis dan teknologi ditentukan oleh pasar, sebab pembelian alat serta mesin bergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari pasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengolahan DMAIC dengan Six Sigma

DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) adalah salah satu metodologi utama dalam Six Sigma, yang merupakan kerangka kerja yang di...