Dalam sebuah bisnis pasti akan sudah tidak asing lagi dengan analisis konjoin. Merupakan sebuah analisis untuk menentukan minat konsumen. Dalam hal ini membutuhkan jasa analisis konjoin menggunakan SPSS.
Mengenal Jasa Analisis Konjoin Menggunakan SPSS
Perlu diketahui bahwa
analisis konjoin biasanya dilakukan pada sebuah penelitian. Terutama bagi
mereka yang ingin mengembangkan sebuah bisnis. Sehingga perlu meneliti
peminatan konsumen terhadap suatu jasa atau produk.
Inilah yang akan
dikejar oleh para pengusaha. Analisis ini akan sangat membantu dalam menemukan
sebuah metode yang berkaitan dengan konsumen.
Analisis konjoin
ditentukan berdasarkan sebuah atribut yang ada pada produk atau jasa tersebut.
Kedepannya akan mengetahui pengaruh dua variabel atau lebih. Tentu saja dengan
sifat non metrik terhadap variabel tergantung.
Fungsi
Analisis Konjoin
Jasa analisis konjoin
dengan SPSS akan memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga fungsi utama
analisis ini bisa diperoleh dengan baik. Berikut adalah fungsi yang didapatkan:
1. Dengan menggunakan analisis konjoin akan mendapatkan pengetahuan
atribut produk yang disukai oleh konsumen.
2. Analisis konjoin bisa membantu anda menentukan komposisi atribut
baru dari sebuah produk yang akan dilaunching.
3. Bisa menganalisis atribut produk yang sudah diluncurkan ke
pasaran. Hal ini akan bertujuan untuk memperbaiki produk tersebut.
Sebelum melakukan
analisis konjoin ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Syarat yang pertama
adalah file data yang isinya berupa preferensi atribut yang diberikan oleh
konsumen. Sedangkan syarat yang kedua adalah file perencanaan yang berisi
seperangkat atribut produk yang sudah dinilai oleh responden. Pembuatan file
ini haru menggunakan prosedur Generated Orthogonal Design.
Tahapan
Analisis Konjoin
Ada dua tahapan yang
harus dilalui dalam melakukan analisis konjoin dengan SPSS. Langkah ini harus
dilakukan berurutan agar proses analisis data bisa berlangsung dengan lancar.
Berikut adalah penjelasan tahapan tersebut.
1.
Tahapan Perumusan Tujuan Analisis Konjoin
Hal pertama yang
harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari analisis konjoin. Caranya dengan
membuat penelitian agar bisa memiliki motivasi dan kekuatan dalam mencapai
tujuan tersebut. Ada sesuatu yang unik dari analisis konjoin yaitu pada
penerapan aspek marketing produk atau jasa.
2.
Tahapan Desain Analisis Konjoin
Jasa analisis konjoin
menggunakan SPSS digunakan untuk mempersiapkan semua kelengkapan analisis
konjoin. Baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi teknis. Sehingga hal ini mengacu
pada hasil dari tahap pertama atau konsepsi terhadap masalah yang akan coba
dicari keputusannya.
Agar semuanya
berjalan dengan lancar maka diwajibkan untuk mencari pengelola jasa yang
terpercaya. Pastikan bahwa orang yang menangani kasus ini memiliki pengalaman
luas. Sehingga segala keperluan analisis konjoin bisa berjalan dengan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar