Jumat, 20 Agustus 2021

Jasa penyusunan Strategi Perusahaan dengan Analisis SWOT

Analisis SWOT 

Untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan perusahaan para top manajemen berlomba – lomba melakukan terobosan baru untuk mencapai hal tersebut. Salah satu cara untuk merancang dan menyusun strategi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Dimana dalam analisis SWOT Menurut Rangkuti (2004:19) SWOT adalah singkatan dari Internal Strengths dan Weakness serta lingkungan eksternal Opportunities dan  Threaths yang dihadapi dunia bisnis. analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal  Peluang (opportunities) dan Ancaman  (Threaths) dengan faktor internal Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weakness). Dalam analisis SWOT ada yang nama nya diagram SWOT dan Matriks SWOT.

Diagram SWOT

 Youtube STATIN TUTORIAL : Diagram SWOT
https://www.youtube.com/watch?v=RJnpYR-dJdw&t=25s


Keterangan : Kuadran 1 :

Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat manfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growt oriented strategy).

Kuadran 2 :

Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).

Kuadran 3 :

Perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Kondisi bisnis pada kuadran 3 ini mirip dengan Question Mark pada BCG Matrix. Focus strategi ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.

Kuadran 4 :

Ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal.

 

Matriks SWOT

Youtube STATIN TUTORIAL : Matriks SWOT
https://www.youtube.com/watch?v=BBNWWUobbwg&t=39s

Matriks SWOT merupakan suatu alat yang  dapat membantu seorang manajer untuk mengembangkan tipe strategi, sehingga manajer tahu langkah apa yang harus diambil oleh perusahaan. Dalam matriks SWOT ini bisa menggambarkan secara jelas peluang dan
ancaman yang dihadapi perusahaan serta dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Menurut Salusu (2000:35) tentang matriks SWOT menggunakan
beberapa strategi, yaitu:

(1) strategi S.O, yaitu memanfaatkan peluang yang ada dengan  keunggulan organisasi (comparative advantage comparative).

(2) strategi S.T, yaitu memobilisasi beberapa keunggulan untuk  mencapai sasaran (mobilization).

(3) strategi W.O, yaitu memilih faktor mana yang dipacu dan faktor  mana yang ditunda (investmen/divestment).

(4) strategi W.T, yaitu perlu kehati-hatian atau kewaspadaan dalam  mencapai sasaran (damage control)

 

Melihat pentingnya analisis SWOT, maka kami hadir untuk membantu anda untuk membuat analisis SWOT tersebut. Jasa penyusunan Strategi Perusahaan dengan Analisis SWOT baik untuk keperluan perusahaan itu sendiri, untuk penelitian skripsi, tesis maupun disertasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...