Rabu, 07 April 2021

Konsultan Analisis SEM dengan (Lisrel, AMOS, SMART PLS, Eviews)

Konsultan analisis SEM dengan (Lisrel, AMOS, SMART PLS, Eviews). Structural Equation Modelling lebih dikenal dengan SEM. SEM merupakan suatu metode untuk menganalisis statistik multivariat. Melakukan olah data SEM tentunya berbeda dengan jenis olah data regresi atau analisis jalur.

Dalam melakukan olah data SEM lebih rumit. Hal itu karena SEM berdasarkan oleh model pengukurannya dan model struktural. Apabila ingin lebih mudah melakukan olah data SEM, tentunya membutuhkan bantuan software statistik. 

Jasa Konsultan Analisis SEM dengan (Lisrel, AMOS, SMART PLS, Eviews)

Dengan adanya konsultan analisis SEM, dapat membantu dalam melakukan analisis. Analisis SEM dapat menggunakan beberapa software berikut ini.

Lisrel

Karl Jöreskog and Dag Sörbom telah mengembangkan Lisrel. Software Lisrel ini merupakan software statistik yang paling sering digunakan oleh beberapa kalangan. Seperti oleh peneliti dan praktisi. Kelebihan dari software Lisrel dalam mengidentifikasi hubungan antara variabelnya yang kompleks.

Ada berbagai pilihan dalam mengoperasikan software ini. Dengan Syntax maupun dengan program sederhana. Sehingga software ini menjadikan lebih banyak digunakan berbagai kalangan.

Adanya pilihan pada metode estimasi sudah tersedia di software ini. Sehingga tidak terpaku dengan satu metode estimasi Maximum Likelihood. Hal itu tergantung dengan kondisi data dan metode estimasi yang digunakan.

AMOS

AMOS merupakan software statistika yang pengembangannya oleh IBM. Software AMOS ini sama halnya dengan SPSS. AMOS berguna untuk membantu dalam pengujian hipotesis hubungan antar variabel. Anda dapat mengetahui tingkat kekuatan hubungan melalui software ini. Seperti pada hubungan variabel, variabel laten, dan variabel manifest.

Hal itu juga mengenai tingkat signifikan hubungan antara variabel. Fit model hipotesis dibandingkan dengan data riilnya. Dengan AMOS ini, tidak memerlukan Syntax atau bahasa pemrograman yang rumit. Tentunya dalam mengoperasikan software ini.

SMART PLS

Konsultan analisis SEM dengan Lisrel, AMOS, Eviews, dan SMART PLS.  SMART PLS ini memiliki kepanjangan Smart Partial Least Square. Software statistik ini memiliki tujuan yang sama dengan Lisrel dan AMOS, yakni untuk dapat menguji hubungan antara variabel. Hubungan baik sesama variabel laten dan dengan variabel indikator atau manifest.

Penggunaan SMART PLS ini tentunya sangat disarankan. Saat memiliki keterbatasan jumlah sampel, sedangkan model yang dibangun kompleks. Sehingga tidak dapat dilakukan apabila menggunakan kedua software tersebut. Tentunya hanya membutuhkan kecukupan sampel.

Eviews

Eviews merupakan program komputer dalam pengolahan data statistik dan data ekonometrika. Software yang telah tersedia dalam versinya MS Windows dan Macintoshnya. Pada saat ini  penggunaan Eviews sudah versi 6.0. Meskipun Eviews terbaru, saat ini sudah sampai pada versi 9.5.

Eviews menyelesaikan masalahnya dengan bentuk time-series. Lalu juga cross section dan data panel. Time series adalah data objeknya dari beberapa periode. Cross section adalah data beberapa objek pada waktu atau saat tertentu. Sedangkan data panel adalah data yang memiliki sifat time-series dan cross section.

Adanya konsultan analisis SEM dengan (Lisrel, AMOS, SMART PLS, Eviews), tentu sangat berguna. Penggunaan software tersebut akan semakin memudahkan anda dalam mengolah data statistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...