Sabtu, 02 Januari 2021

Jasa Simulasi dengan Software Arena

Jasa simulasi dengan Arena yaitu sebuah program dalam menyusun model serta merupakan simulator. Aplikasi Arena adalah kombinasi dari pemakaian high level serta program kelenturan yang akan menjadi ciri GPSL (General Purpose Simulation Language).

Jasa Simulasidengan Arena

Berikut ini adalah beberapa modul yang bisa ditemukan pada Arena.

Arena Basic

Modul yang satu ini sudah dijadikan dasar sebagai pembuat simulasi proses dari sistem. Ada beberapa modul pada arena basic, diantaranya basic process panel. Pada modul ini berisi modul yang akan digunakan sebagai pemodelan sebuah sistem simulasi.

Arena Advanced

Di dalam software ini, ada beberapa modul yang banyak serta bervariasi di dalam penggunaannya sebagai model suatu sistem. Salah satunya Advanced Process Panel. Ini merupakan panel yang mempunyai beberapa modul dengan aplikasi dan fungsi yang bervariasi.

Lalu dalam jasa simulasi dengan Arena, ada General Flowchart Module yang merupakan suatu kumpulan objek. Kemudian ditempatkan pada jendela model itu untuk mendeskripsikan hasil proses simulasi.

Data Module

Data Module merupakan suatu kumpulan objek yang berada di tampilan lembar kerja yang sudah didefinisikan karakteristiknya serta memiliki bermacam-macam elemen.

Advanced Transfer Panel

Advanced transfer panel merupakan panel yang mempunyai modul untuk transfer dan transportasi. Banks (2010) berkata bahwa ada beberapa fitur yang sangat relevan ketika memilih software simulasi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika memilih perangkat lunak simulasi, diantaranya sebagai berikut:

Kecepatan ketika proses eksekusi. Kemudahan dalam mempelajari aplikasi yang akan digunakan. Keakuratan yang begitu detail. Vendor bisa memberi versi yang sederhana dari suatu masalah.

Ketika memilihnya, fitur yang dimiliki software harus bisa mendeskripsikan, model, fitur output, fitur layout animasi, dukungan vendor, serta dokumen yang ada pada aplikasi simulasi tersebut.

Simulasi ProModel

Beberapa jasa simulasi dengan Arena yang mulai dikembangkan sekarang ini, salah satunya ProModel. ProModel ini dikeluarkan oleh ProModel Corporation yang mana perangkat ini untuk berbagai macam model sistem jasa dan manufaktur.

Software ini juga digunakan dengan software yang berbasis Windows dan menghasilkan simulasi berbentuk data-data statistik. Dimana dapat digunakan sebagai menganalisis model yang akan dikembangkan.  

Elemen-Elemen pada ProModel

Berikut ini beberapa elemen pada ProModel.

Entities

Entities adalah sesuatu yang diproses pada sistem yang disebut entities. Dapat berupa bahan baku, produk, barang setengah jadi, dan manusia.

Location

Dalam jasa simulasi dengan Arena, ada Location. Elemen ProModel ini untuk mempresentasikan area yang mana entities mengalami proses, penyimpanan, pengambilan keputusan, menunggu, bahkan yang lainnya.

Arrivals

Arrivals adalah suatu mekanisme sebagai mendefinisikan entities untuk memasuki suatu sistem. Jumlah entities yang sudah tiba disebut sebagai bats size. Lalu tingkat kedatangan pada entities disebut frequency serta jumlah total disebut occurrences.

Processing

Elemen ini menentukan rute yang dialami oleh setiap lokasi yang dilewatinya. Prosesnya menggambarkan saat entities memasuki sistem sampai keluar.

Resource

Resource adalah suatu sumber daya untuk melakukan operasi di dalam suatu kinerja. Pada ProModel, objek tersebut akan dijadikan sebagai resource yang bergerak sesuai dengan keinginan kita.

Path Network

Path Network dalam jasa simulasi dengan Arena digunakan sebagai penentu arah jalur yang akan ditempuh. Path Network ini adalah sesuatu yang dijadikan sebagai keharusan apabila ingin memakai resource yang bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...