Selasa, 08 Oktober 2019

Konsultan Riset dan Penelitian

Konsultan riset dan penelitian bagi sebagian orang tidak terdengar asing. Riset selalu berhubungan dengan penelitian. Riset sendiri didefinisikan sebagai kegiatan yang penting bagi personal, instansi, organisasi maupun perusahaan. Suatu organisasi memerlukan riset mendalam guna melakukan sejumlah evaluasi. Bahkan riset dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.


Untuk kalangan personal riset juga bisa dilakukan dengan tujuan memenuhi tuntutan akademik. Penelitian ini sebenarnya merujuk pada proses investigasi yang dilaksanakan secara aktif, tekun dan sifatnya sistematis. Sebagian orang melakukan riset dengan tujuan agar dapat menemukan, menginterpretasikan serta merevisi fakta-fakta yang sudah ada. Untuk melakukannya pun diperlukan wawasan dan pengetahuan.

Tidak semua orang dapat melakukan riset dan penelitian. Ada banyak pertimbangan sebelum melakukan riset data agar hasilnya benar-benar akurat. Oleh karena itu, dalam melakukan penelitian ini diperlukan bantuan konsultan profesional. Sesuai dengan namanya konsultan mempunyai peran sebagai orang yang memberikan konseling sesuai dengan bidangnya.

Peran Konsultan Riset dan Penelitian
Membahas mengenai konsultan tidak bisa dipisahkan dengan perannya. Konsultan dalam perkembangannya terbagi menjadi berbagai jenis dan karakteristik. Pembagiannya juga dipengaruhi oleh bidang yang mendalami konsultan. Konsultan untuk riset juga menjadi bagian dari jenisnya. Perannya juga sama besarnya dengan jenis lainnya.

Peran konsultan riset dan penelitian yang pertama ialah membantu analisa data dari berbagai metode. Umumnya untuk melakukan proses penelitian terdapat metode yang digunakan. Metode ini nantinya akan menentukan jenis hasil riset dan penelitian. Dua diantaranya ialah metode kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif biasanya berupa deskriptif.

Lain halnya dengan kuantitatif yang dilakukan dengan memanfaatkan data berupa angka. Hasil dari riset yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif sendiri juga berupa angka. Dalam prosesnya dibutuhkan keahlian khusus agar menghasilkan data yang akurat. Proses riset ini juga melibatkan statistika. Oleh karena itu, hanya orang tertentu yang dapat menganalisisnya dengan maksimal.
Peran selanjutnya ialah membantu penerapan berbagai teknik riset serta penelitian. Sama halnya dengan metode yang memiliki ragam jenis. Teknik riset penelitian juga terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Untuk mendapatkan hasil riset terbaik diperlukan kesinambungan antara permasalahan dengan tekniknya. Karena itu Anda membutuhkan konsultan profesional dalam bidang tersebut.

Tips Mencari Konsultan Riset dan Penelitian
Mencari konsultan profesional membutuhkan tingkat kecermatan yang tinggi, karena perannya besar banyak orang membutuhkannya. Untuk mendapatkan konsultan sesuai kebutuhan ada pertimbangan-pertimbangan yang harus dicermati sejak dini. Tips pertama adalah mencermati permasalahan yang hendak dimasukkan ke dalam riset. Permasalahan yang akan dipecahkan nantinya mempengaruhi metode yang digunakan.

Seorang konsultan riset dan penelitian biasanya juga menanyakan mengenai pandangan Anda terhadap permasalahan yang sebenarnya terjadi. Ia juga akan mengumpulkan segala informasi dan sumbernya. Informasi dan sumber tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu Anda dalam melakukan riset mendasar. Kemudian Anda sebagai periset diharuskan mengombinasikan keduanya dalam proses penelitian.

Tips kedua ialah melihat wawasannya. Dalam dunia penelitian terdapat banyak hal yang mendasari. Terlebih riset menggunakan data angka untuk menganalisa. Seorang konsultan harus memahami bagaimana cara mengambil sample terbaik dan risetnya guna menghasilkan data penelitian sesuai kebutuhan. Ia juga harus mampu memahami tujuan diadakannya riset tersebut.

Nah, itulah peran dan tips dalam mencari konsultan profesional di bidang riset dan penelitian. Menganalisa statistika memang pada dasarnya membutuhkan metode, teknik dan wawasan yang luas. Ketiga hal tersebut didukung dengan sumber daya yang mumpuni dan berpandangan luas. Semua hal tersebut ada pada diri konsultan riset dan penelitian yang berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...