Jumat, 27 September 2019

Layanan Pengolahan Data Statistik

Layanan pengolahan data statistik dewasa ini kerap dipertimbangkan banyak kalangan. Ya, memanfaatkan layanan tersebut disebut memberikan manfaat yang besar. Terutama bagi kalangan yang saat ini memiliki aktivitas penelitian dan riset tertentu. Sehingga sangat memungkingkan untuk memanfaatkan bantuan dari tenaga profesional di bidang pengolahan data berbasis angka.


Dalam penelitian kata statistika sangat familiar. Kata statistika kerapkali merujuk pada nominal angka dan kumpulan data. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan statistika? Rupanya statistika merupakan ilmu yang membidangi pelajaran statistik. Ilmu ini mencakup mengenai cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisa, dan membuat kesimpulan dari kumpulan data.

Singkatnya dalam ilmu tersebut terdapat kegiatan-kegiatan krusial yang dilakukan guna mendapatkan kesimpulan akurat. Setelah kesimpulan didapat peneliti bisa mengambil keputusan. Di sisi lain data statistik merupakan kumpulan data berupa keterangan, fakta dan lain sebagainya mengenai suatu persoalan. Data statistik juga disebut sebagai ilustrasi suatu hal yang berbentuk bilangan.

Prosedur Layanan Pengolahan Data Statistik
Dalam pengolahan data terbagi menjadi beberapa bagian atau aktivitas. Umumnya sebelum pengolahan peneliti wajib melakukan pengumpulan data. Untuk melakukannya terdapat tiga metode yang biasanya digunakan. Ketiga yaitu metode observasi, wawancara dan kuesioner. Metode pertama observasi dikenal dengan cara mengumpulkan data lewat pengamatan secara langsung.

Karena sifatnya langsung maka observasi dilakukan tanpa menggunakan alat bantu. Dalam penerapannya observasi dapat dikatakan sebagai teknik dengan kriteria tertentu. Pengamatan yang dilakukan oleh layanan pengolahan data statistik harus terencana secara sistematik, tujuan jelas dan terhubung dengan proposisi umum. Sementara itu pengumpulan data dengan wawancara melibatkan tanya jawab.

Metode kedua ini merupakan cara dalam memperoleh informasi untuk tujuan penelitian tertentu. Wawancara dilakukan dengan bertatap muka. Pengumpulan data dibantu dengan adanya interview guide. Metode ini juga dianggap sebagai langkah terbaik dalam mengumpulkan dan mengolah data. Kelebihannya terletak pada kepraktisan dan kelengkapan data yang didapat dari hasil interview.
Metode terakhir yaitu kuesioner yang merupakan pencarian data dengan memanfaatkan daftar pertanyaan. Untuk menghasilkan jawaban yang dibutuhkan diperlukan daftar pertanyaan lebih rinci. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menyerahkannya secara pribadi lewat surat maupun email. Kelebihan metode ini terletak pada nilai ekonomisnya. Pasalnya data dapat diambil menggunakan bantuan email atau secara pribadi.

Keuntungan Layanan Pengolahan Data Statistik
Pada dasarnya setiap penelitian berbasis survey dan ilmiah memerlukan pengolahan data yang tepat, akurat dan berkualitas. Tujuannya adalah untuk menemukan hasil paling akurat dari penelitian yang sudah dikerjakan. Survey dan pengolahan data yang salah akan menimbulkan kekeliruan fatal. Oleh karena itu demi menghindari terjadinya kesalahan dibutuhkan konsultasi pengolahan data.

Tidak hanya itu saja dalam mengerjakan riset terkadang terdapat beberapa kendala yang hanya dapat diatasi oleh layanan pengolahan data statistik. Misalnya saja permasalahan mengenai penentuan varibel yang tepat. Mencari variabel yang sesuai dan tepat sasaran membutuhkan analisa tidak hanya lengkap melainkan juga harus menyeluruh.

Permasalahan lainnya yaitu kebingungan dalam menyusun angket kuesioner. Data tersebut harus disusun dengan alat statistik. Lebih dari sebagian orang kesulitan menemukan metode penelitian paling tepat. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi oleh layanan profesional olah data. Sehingga waktu Anda lebih bermanfaat dan penelitian cepat selesai.

Jadi, kesimpulannya adalah layanan profesional di bidang pengolahan data statistik mempunyai tujuan dan peran yang penting. Fungsinya membantu setiap orang dalam menyelesaikan penelitian berbasis data bilangan. Sehingga mampu menghasilkan hasil akhir penelitian yang akurat. Dengan demikian layanan pengolahan data statistik mampu membantu Anda mengambil kesimpulan yang tepat pada penelitian.

Jual Bunga hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...