Kamis, 27 Juni 2019

Konsultan statistik dan software (SPSS, MINITAB, WinQSB, PowerSIM, ARENA, Easyfit)


Konsultan statistik merupakan suatu jasa yang sangat membantu suatu kegiatan penelitian atau 
research. Baik penelitian yang berkaitan dengan kegiatan akademis ataupun diluar akademis. Ilmu statistik tidak akan pernah lepas dari kegiatan penelitian. Sehingga dengan luas dan rumitnya ilmu statistik para peneliti sering menggunkan orang yang ahli di bidang statistik untuk membantu permasalahan penelitiannya. Konsultan statistik merupakan salah satu cara untuk membantu penyelesaian statistik tersebut. Konsultan statistik akan memberikan solusi statistik tersebut sesuai dengan keilmuannya dan dapat lebih mudah di mengerti oleh yang menggunakan jasa konsultan statistik tersebut.

Selain konsultan statistik para peneliti juga dapat menggunakan software-software statistik untuk membantu pemasalahan statistik yang berkaitan dengan peneltitiannya. Software yang sering digunakan seperti software SPSS, MINITAB, WinQSB, PowerSIM, ARENA, Easyfit. Namun penggunaan software tersebut juga harus tepat sasaran dan sesuai dengan langkah-langkahnya. Agar hasilnya sesuai dengan tujuan yang di inginkan peneliti. Sayangnya para peneliti juga kewalahan dan tidak bisa menggunakan software statistik tersebut untuk menyelesaikan masalah-masalah statitik yang berkaitan dengan penelitianya. Sehingga dalam penggunaan software statistik pera peneliti juga memerlukan jasa konsultan statistik untuk menggunakan software-software statistik dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam penelitiannya.

Software-software statistik yang yang sering digunakan adalah sebagai berikut

SPSS

Statistical Program For Social Science (SPSS) SPSS adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat analisis statistika. SPSS dipublikasikan oleh SPSS Inc. SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.

MINITAB


Minitab merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya microsift excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.Kini, Minitab seringkali digunakan dalam implementasi Six Sigma, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya. Minitab 16, versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Prancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol.

WinQSB

Software QSB (Quantity System for business) atau umumnya juga dikenal dengan nama WINQSB (QSB yang berjalan pada sistem operasi Windows) merupakansoftware yang mengandung algoritma problem solving

PowerSIM

PowerSIM adalah software simulasi untuk sistem dinamis dengan menggunakan metodologi permodelan berbasis komputer. Poin utamanya adalah bahwa simbol yang ada di powerpoin (Level Reservoir, Auxiliary dan Contant) dan digunakan dalam permodelan harus saling terkait satu dengan yang lain membantu sistem yang terpadu.

ARENA

Arena ( Software Simulasi sistem ) Arena adalah sebuah program penyusun model dan juga merupakan simulator. Dalam software Arena Advanced terdapat module yang lebih banyak dan bervariasi dalam penggunaannya untuk memodelkan suatu sistem

Easyfit

Software Easyfit Professional 5.6 merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk membantu dalam pencocokan distribusi yang dibuat untuk memudahkan analisis probalitas data dalam simulasi. Perangkat ini dapat dengan mudah memilih distribusi yang terbaik sesuai data yang diberikan. Dalam simulasi, perangkat ini berguna untuk menemukan bentuk distribusi probalitas data empiris yang paling cocok untuk masing-masing variabel keadaan selanjutnya dibangkitkan bilangan acak sesuai dengan distribusi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...