Jumat, 03 Mei 2019

Konsultan Riset dan Statistik

Apa yang Anda ketahui tentang konsultan riset dan statistik? Seberapa penting peran dari konsultan yang menangani seputar riset dan statistik? Riset sendiri merupakan bagian dari penelitian atau pemeriksaan secara kompreherensif. Kegiatan ini bisa dilakukan melalui wawancara secara langsung maupun secara online dengan sistem kuesioner. Bagi suatu bisnis atau perusahaan, riset sangat penting untuk kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Pentingnya Riset dan Statistik dalam Bisnis
Riset dan statistik tidak hanya digunakan dalam kepentingan penelitian akademis saja, melainkan juga penting dalam bidang bisnis, apalagi bagi Anda yang sedang mengembangkan perusahaan. Riset biasanya dilakukan menggunakan survei, misalnya melakukan survei untuk menampung suara pelanggan atau konsumen Anda.
Riset juga penting untuk mengetahui segmentasi pasar dan analisis kompetitor. Sehingga dengan bantuan riset dan statistik bisa membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat. Melalui analisis segmentasi pasar, maka perusahaan dapat lebih maksimal untuk meningkatkan target pemasaran agar semakin luas.
Tanpa data hasil riset dan statistik, maka perusahaan hanya akan berjalan tanpa arah yang jelas. Perusahaan juga tidak bisa mengikuti trend atau perkembangan jaman. Mengingat saat ini keberlangsungan suatu bisnis juga tergantung dari trend yang sedang berkembang di masyarakat.

Jasa Konsultan Riset dan Statistik

Seringkali untuk melakukan analisis data hasil riset secara statistik tidak bisa dilakukan sendiri, sehingga Anda membutuhkan jasa konsultan riset dan statistik. Ada beberapa faktor yang umum dijadikan sebagai bahan riset, diantaranya:
·         Kualitas dan Harga Produk
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk, tentunya Anda membutuhkan analisis statistik seputar kualitas dan harga produk apakah sudah sesuai dengan daya beli masyarakat atau target pasar. Katakan misalnya Anda memiliki target pasar usia pelajar, tentunya hal tersebut akan mempengaruhi kebijakan dalam membuat keputusan tentang harga produk yang dijual agar sesuai dengan daya beli pelajar.
·         Pesaing atau Kompetitor
Riset dan statistik juga penting untuk membaca kemampuan perusahaan Anda untuk bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Misalnya dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari perusahaan pesaing tersebut sehingga bisa memberikan celah bagi perusahaan Anda untuk menentukan sesuatu yang lebih kreatif.
·         Evaluasi Produk
Bagaimanapun juga tidak ada sesuatu yang benar-benar sempurna dan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Itulah mengapa Anda membutuhkan riset dan statistik untuk mengevaluasi produk perusahaan Anda. Evaluasi bukan hanya untuk mengetahui kekurangan produk namun juga kepuasan pelanggan. Sehingga dalam kegiatan ini bisa dilakukan melalui survei pelanggan.

Tugas Konsultan Riset dan Statistik

Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh jasa konsultan riset diantaranya sebagai berikut ini:
1.      Konsultasi Penelitian
Konsultan riset memberikan layanan konsultasi bagi Anda yang mengalami kesulita untuk menyusun kerangka serta metodologi penelitian yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar keilmuan yang berlaku.
2.      Pengolahan Data
Kesulitan dalam mengolah data hasil riset? Percayakan pada jasa konsultan riset untuk melakukan pengolahan data menurut metodologi statistik yang tepat.
3.      Pengumpulan dan Validasi Data
Tidak hanya membantu dalam mengolah data, beberapa jasa konsultan riset juga menyediakan tim khusus untuk membantu Anda dalam mengumpulkan dan juga memvalidasi data. Sehingga Anda akan mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.
Itulah mengapa banyak yang membutuhkan jasa konsultan riset dan statistik untuk membantu dalam membuat keputusan atau kebijakan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulasi dengan Vensim

Simulasi dengan Vensim adalah perangkat lunak simulasi sistem dinamis yang digunakan untuk memodelkan, menganalisis, dan mensimulasikan ber...