SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman),
Kali ini kita bahas analisis SWOT, dimana analisis ini mungkin sudah sering kita dengar dalam strategi bisnis Sesuai dengan namanya penentuan kriteria nya Berdasarkan kriteria kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Namun sering kali kita keliru dalam menentukan kriteria SWOT tersebut, perlu di ingat S dan W berasal dari internet sementara O dan T berasal dari external. Contoh nya Ketergantungan kepada supplier Pemilihan supplier yang kurang tepat seharusnya kata-kata tersebut diubah menjadi Tim Manajemen yang belum tepat dalam pemilihan Suplier. Penentuan strategis menggunakan analisis SWOT juga dilakukan secara kualitatif menghubungkan matriks SWOT dan secara kuantitatif menggunakan diagram SWOT dan matriks QSPM
Diagram SWOT adalah cara visual untuk menggambarkan dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi organisasi atau bisnis melalui empat kategori utama: Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats). Diagram ini membantu memudahkan pemahaman dan memfasilitasi diskusi kelompok dalam merumuskan strategi atau keputusan bisnis.
Penggunaan Diagram SWOT
Diagram SWOT biasanya digambarkan dalam bentuk kotak-kotak yang terbagi menjadi empat kuadran, masing-masing mewakili kategori yang berbeda. Setiap kuadran mencantumkan faktor-faktor yang relevan sesuai dengan kategori tersebut.
Matriks SWOT adalah alat yang digunakan untuk menganalisis dan merumuskan strategi berdasarkan hasil analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Matriks ini membantu menghubungkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan faktor eksternal (peluang dan ancaman) untuk menghasilkan strategi yang dapat diambil oleh organisasi atau bisnis.
Penggunaan Matriks SWOT
Matriks SWOT terdiri dari empat kuadran yang mengidentifikasi hubungan antara kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Setiap kombinasi ini menghasilkan strategi tertentu yang harus diterapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) adalah alat yang digunakan untuk memprioritaskan berbagai alternatif strategi berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang telah dianalisis dalam matriks SWOT. Matriks QSPM mengubah hasil analisis SWOT yang lebih kualitatif menjadi bentuk kuantitatif, memungkinkan manajer untuk mengevaluasi dan memilih strategi mana yang paling efektif dan memiliki potensi terbaik untuk keberhasilan organisasi.
Berikut adalah format dasar dari Matriks QSPM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar