Selasa, 17 Januari 2023

Jasa Olah Data (0812-6080-8620)

Jasa olah data sangat diperlukan sekali dalam dunia penelitian. Penelitian yang sering menggunakan jasa olah data seperti pada penelitian umum, skripsi, tesis, disertasi dan penelitian lainnya. Pada pengolahan data biasanya menggunakan software statistik seperti SPSS, SmartPLS, Lisrel, Amos, Powersim, Arena dan Minitab.

 


Software Statistik yang sering digunakan pada pengolahan data yang hanya dalam bentuk tampilan seperti software SPSS dan Minitab. Kedua Software ini memiliki tool yang sama sering. Berikut ini analisis yang sering pada kedua software tersebut.

Statitika Sederhana

Perhitungan statistik sederhana yang dilakukan dalam menu antara lain menghitung banyaknya data, rata-rata, median, kuartil 1 dan 3, nilai terbesa (maksimum) dan terkecil (minimum) serta standar deviasi.

Analisis Regresi

Analisis regresi yang bisa dilakukan dalam submenu regression meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, menyediakan pula berbagai analisis regresi logistik.

Analysis of Variance (ANOVA)

Menyediakan alat untuk melakukan Analysis of Variance atau lebih sering terkenal ANOVA dalam submenu ANOVA.

Design of Experiment (DOE)

Untuk memperbaiki kualitas, design of experiment (eksperimen desain) sering digunakan sebagai salah satu alat.Desain eksperimen yang disediakan seperti desain eksperimen factorial, response surface , desain mixture, dan yang terbaru adalah desain Taguchi.

Peta Kendali

Peta Kendali adalah salah satu alat statistic untuk mengendalikan kualitas. Lebih lanjut, menyediakan kemudahan membuat peta kendali. Submenu Control Chart menyediakan peta kendali

Alat-alat untuk Mengendalikan Kualitas

Tidak hanya menyediakan peta kendali sebagai alat-alat statistik untuk mengendalikan kualitas, tetapi juga beberapa alat statistik untuk mengendalikan kualitas dalam submenu Quality Tools. Quality Tools menyediakan pula analisis kemampuan proses utnuk data yang berdistribusi nonnormal, poisson dan binomial.

Analisis Reliabilitas

Untuk meningkatkan kualitas seperti peta kendali, desain eksperimen , diagram pareto, diagram ishikawa dan analisis kemampuan proses. Kemudian menyediakan pula alat untuk menganalisis reliabilitas melalui submenu Reliability/Survival.

Analisis Multivariat

Analisis multivariate merupakan analisis data statistic yang banyak digunakan dan bermanfaat dalam berbagai bidang seperi pemasaran, teknik, dan masalah- masalah social. Menyediakan operasi-operasi untuk melakukan analisis multivariate melalui submenu multivariate.

Analisis Time Series

Untuk keperluan peramalan, Menyediakan analisis time series dalam submenu time series.

Analisis Data Kualitatif

Memberikan beberpa metode untuk meringkas data dalam table dan melakukan analisis data kualitatif yang dikelomppkan ke dalam menu tables.

Analisis Nonparametrik

Memberikan pula kemudahan dalam melakukan analisis nonparametric yang perintah-perintahnya dikelompokan ke dalam submenu nonparametrics.

Exploratory Data Analysis (EDA)

Agar mudah melakukan eksplorasi data dan mencari residual suatu model, program menyediakan Exploratory Data Analysis dalam submenu EDA.

Power and Sample Size

Untuk meyakinkan apakah desain yang telah dirancang cukup andal dan data yang telah diperoleh cukup memuaskan, kita perlu melakukan beberapa uji. Salah satu cara melihatnya adalah dengan melihat apakah jumlah sample yang telah diambil sudah mencukupi. Menyediakan alat untuk melakukannya dalam submenu Power and Sample Size.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulasi dengan Vensim

Simulasi dengan Vensim adalah perangkat lunak simulasi sistem dinamis yang digunakan untuk memodelkan, menganalisis, dan mensimulasikan ber...