Senin, 05 Juli 2021

Konsultan Pengolahan Data dengan SPSS

Jasa konsultan pengolahan data dengan SPSS kerap kali dibutuhkan untuk membantu dalam mengolah data. Mengingat menggunakan aplikasi SPSS terkadang sangat menyulitkan karena harus bisa memasukkan dan membaca hasilnya.


SPSS sendiri adalah aplikasi yang sering digunakan dalam melakukan analisis statistika tingkat lanjut. Tidak hanya itu sering juga dimanfaatkan untuk analisis data dengan algoritma machine learning serta platform data analisis.

SPSS sendiri sudah sangat populer dikalangan para peneliti untuk membantu perhitungan khususnya berkaitan dengan analisis data. Mampu menyediakan libary untuk perhitungan statistika antarmuka interaktif sehingga sering digunakan dan paling populer.

PengembanganSPSS dan Penggunaannya Secara Umum

SPSS tidak hanya digunakan untuk penelitian dikalangan universitas saja namun juga sering dimanfaatkan instansi atau perusahaan. Tidak heran jika jasa konsultan pengolahan data dengan SPSS sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan.

Perkembangan SPSS sudah melewati perjalanan panjang sejak pertama kali dirilis tahun 1998. Di tahun 2009 diakui IBM Corporation sebagai software IBM Analytic kemudian disebut dengan nama IBM SPSS Statistics.

Pengembangan program ini memakai bahasa pemrograman Java dan tersedia pada sistem Microsoft Windows, Linux dan Mac OS. Dapat juga diintegrasikan pada bahasa pemrograman R, Mucrosoft.NET dan Python.

SPSS digunakan untuk berbagai tujuan seperti melakukan riset pemasaran, analisis data survey atau kuesioner. Sering juga dimanfaatkan untuk penelitian akademik mahasiswa seperti Skripsi, Tesis dan dimanfaatkan oleh BPS.

Konsultan pengolahan data dengan SPSS juga membantu dalam pengambilan keputusan, data mining. Serta penelitian kesehatan masyarakat maupun melakukan dokumentasi terhadap data dan memprediksi kejadian secara time series.

Berbagai FiturDasar yang Disediakan Perangkat SPSS

Sebagai aplikasi atau software yang sering digunakan untuk mengolah data maka ada berbagai fitur penting. Simak fitur-fitur yang ada agar Anda dapat memahami cara kerjanya meskipun hanya sekilas saja.

1.      Statistika deskriptif

Sebuah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, melakukan pengolahan dan mendapatkan informasi dari hasilnya. Contoh statistika deskriptif secara umum seperti mean, median, modus, standar deviasi, ragam dan lainnya.

2.      Statistika bivariat

Konsultan pengolahan data dengan SPSS harus memahami tentang statistika bivariat. Maksudnya yaitu analisis data secara simultan untuk menguji dua variabel seperti uji t, ANOVA, teorema bayes dan lainnya.

3.      Regresi linear

Regresi linear merupakan alat ukur untuk mengukur hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil dari pengukuran tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian sehingga bisa diambil keputusan akhirnya.

4.      Identifikasi kelompok

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelompok seperti analisis faktor. Masih ada juga analisis klaster seperti two-step, K-means, hierarchical dan discriminant dalam identifikasi kelompok.

5.     R Extension

R Extension SPSS yaitu aplikasi plugin yang dapat diinstall secara pribadi berguna untuk implementasi algoritma. Dimana algoritma tersebut dimasukkan pengguna dengan menggunakan bahasa pemrograman R.

Pengolahan data dengan menggunakan SPSS sangat mendukung berbagai penelitian baik dunia usaha maupun pendidikan. Tidak heran jika konsultan pengolahan data dengan SPSS sering dibutuhkan karena pengolahan datanya tidaklah sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...