Kamis, 24 Juni 2021

Konsultan Simulasi Antrian dengan Software ARENA

Konsultan Simulasi Antrian dengan Software ARENA biasanya mengumpulkan data terlebih dahulu sebelum memulai proses simulasi. Karena berbasis antrian, data yang di kumpulkan adalah data waktu kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan.


Proses antrian ini digunakan secara luas di berbagai jenis industri seperti jasa, logistik, manufaktur, terminal pelabuhan, pertambangan, militer, customer service dan lain sebagainya. Selengkapnya simak ulasan di bawah berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Konsultan Simulasi Sistem dengan Software ARENA

Software ARENA bekerja dengan cara mengevaluasi alternatif potensial untuk menentukan pendekatan terbaik untuk mengoptimalkan kinerja pada sebuah bisnis. Termasuk menerapkan simulasi antrian demi kelancaran distribusi ke luar dan mengurangi ketidakpastian.

1.      Meningkatkan kinerja

Aktivitas bongkar muat palet pada industri peti kemas sangat bergantung dengan waktu. Dalam hal ini, prosesnya akan disederhanakan dengan harapan kinerjanya akan ditingkatkan serta mampu membuang proses yang tidak diperlukan.

Opsi penyederhanaan tersebut secara otomatis berfokus pada simulasi pemangkasan waktu antrian, sehingga peralatan penunjang untuk keperluan pengangkutan seperti elevator, truk forklift, konveyor, dan kereta gantung monorel dapat bekerja secara efisien.

2.      Meningkatkan profitabilitas dan menghemat biaya

Konsultan simulasi antrian dengan software ARENA dinilai mampu meningkatkan profit sekaligus menekan biaya pengeluaran. Pada kasus di sebuah rumah sakit, durasi menginap pasien yang panjang sangat memboroskan dari segi biaya.

Namun dengan menggunakan model simulasi antrian rumah sakit menggunakan software ARENA, hal tersebut mampu memangkas biaya karena memungkinkan rumah sakit mengatur alur menginap, dan menjadwal ulang hal tersebut dari awal.

3.      Efisiensi operasional

Tantangan yang sering dihadapi oleh industri adalah kemampuan dalam menyederhanakan operasional agar kinerjanya lebih efisien. Hal ini jelas membutuhkan pengaturan ulang dari sisi antrian guna memaksimalkan layanan dan meminimalkan biaya.

Pada perangkat lunak seperti ARENA, simulasi antrian yang dilakukan mampu memberikan pilihan pada perusahaan untuk menentukan strategi dan desain terbaik agar rantai pasokan keluar masuk barang bisa bekerja secara efektif.

4.      Mendiagnosis dan memperbaiki masalah

Konsultan simulasi antrian dengan software ARENA mampu melakukan analisis untuk memperbaiki hal-hal krusial yang menghambat proses tersebut. Beberapa di antaranya adalah identifikasi kemacetan peralatan hingga Evaluasi sistem kontrol logika konveyor.

Analisa di atas lazim ditemui pada industri manufaktur seperti pabrik ban, dengan cara mengukur aspek-aspek kunci dari kinerja sistem, seperti kapasitas sistem penanganan material, kemampuan menggunakan sistem, dan sumber daya.

Cara Kerja ARENA yang Perlu Diketahui

Sistem antrian sangat lazim ditemui pada industri berat yang perpindahan barangnya saat rapat. Untuk mengatasi problem seperti penundaan (delay), perusahaan menggunakan simulasi antrian dengan menganalisa waktu tunggu dan proses pengerjaan.

Pemakaian Software ARENA memungkinkan analisis sistem membantu pemilik perusahaan untuk menentukan keputusan investasi dan pengambilan strategis dengan biaya minimal, efisiensi kinerja, serta mampu mengoptimalkan sumber daya untuk memenuhi tujuan produksi.

Software di atas memiliki kemampuan mengevaluasi waktu tunggu dalam program antrian dengan simulasi dan modelling. Hasilnya akan lebih optimal jika menggunakan jasa konsultan simulasi antrian dengan software ARENA yang terpercaya.


Tutorial Software Arena di Youtube Kita

Pengujian Distribusi Sebaran Data dengan Software Arena

https://www.youtube.com/watch?v=NlMiVBGiar4&t=303s

https://www.youtube.com/watch?v=rNmhS29K60s&t=656s

https://www.youtube.com/watch?v=AHlMqocLJBo&t=637s

https://www.youtube.com/watch?v=NXiyEDdZPgA&t=290s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...