Analisis SWOT
Untuk
meningkatkan produktivitas dan pendapatan perusahaan para top manajemen
berlomba – lomba melakukan terobosan baru untuk mencapai hal tersebut. Salah
satu cara untuk merancang dan menyusun strategi perusahaan dengan menggunakan
analisis SWOT. Dimana dalam analisis SWOT Menurut
Rangkuti (2004:19) SWOT adalah singkatan dari Internal Strengths dan Weakness
serta lingkungan eksternal Opportunities dan
Threaths yang dihadapi dunia bisnis. analisis SWOT membandingkan antara
faktor eksternal Peluang (opportunities)
dan Ancaman (Threaths) dengan faktor
internal Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weakness). Dalam analisis SWOT ada
yang nama nya diagram SWOT dan Matriks SWOT.
Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan.
Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat manfaatkan
peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah
mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growt oriented strategy).
Kuadran 2 :
Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini
masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan
adalah menggunakan kekuatan untuk untuk memanfaatkan peluang jangka panjang
dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).
Kuadran 3 :
Perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat
besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal.
Kondisi bisnis pada kuadran 3 ini mirip dengan Question Mark pada BCG Matrix.
Focus strategi ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan
sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.
Kuadran 4 :
Ini merupakan situasi yang sangat tidak
menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan
internal.
Matriks SWOT merupakan suatu alat yang dapat membantu seorang manajer untuk
mengembangkan tipe strategi, sehingga manajer tahu langkah apa yang harus
diambil oleh perusahaan. Dalam matriks SWOT ini bisa menggambarkan secara jelas
peluang dan
ancaman yang dihadapi perusahaan serta dapat
disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
Menurut Salusu (2000:35) tentang matriks SWOT
menggunakan
beberapa strategi, yaitu:
(1) strategi S.O, yaitu memanfaatkan peluang yang ada
dengan keunggulan
organisasi (comparative advantage comparative).
(2) strategi S.T, yaitu memobilisasi beberapa
keunggulan untuk mencapai sasaran
(mobilization).
(3) strategi W.O, yaitu memilih faktor mana yang
dipacu dan faktor mana yang ditunda (investmen/divestment).
(4) strategi W.T, yaitu perlu kehati-hatian atau
kewaspadaan dalam mencapai sasaran
(damage control)
Melihat pentingnya analisis SWOT, maka kami hadir
untuk membantu anda untuk membuat analisis SWOT tersebut. Jasa penyusunan Strategi
Perusahaan dengan Analisis SWOT baik untuk keperluan perusahaan itu sendiri,
untuk penelitian skripsi, tesis maupun disertasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar