Jasa
survei pasar! Survei pasar atau riset pasar sangat penting bagi keberlangsungan bisnis suatu
perusahaan. Berbagai tantangan dan perkembangan pasar yang tidak bisa ditebak
membuat perusahaan harus melakukan riset pasar.
Untuk
memenuhi kebutuhan jasa
survei pasar tersebut,
perusahaan biasanya membutuhkan seorang konsultan khusus survei pasar. Dalam
hal ini, diharapkan target perusahaan dapat tercapai. Seiring
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Perkembangan
bisnis juga semakin pesat didukung teknologi kini sebagai instrumen vital bagi
sektor bisnis. Perkembangan bisnis sangat pesat menyebabkan lingkungan bisnis
mudah berubah dengan cepat pula.
Hal
ini menyebabkan perusahaan harus siap siaga menyusun strategi bisnisnya untuk
menghadapi tantangan baru di setiap kondisi. Beberapa tantangan jasa survei pasar yang
dihadapi pada lingkungan bisnis yang cepat berubah.
Diantaranya
selera konsumen berubah dan kepuasan konsumen mudah berubah. Hal ini
menyebabkan banyaknya alternatif produk sehingga perusahaan membutuhkan waktu
lama memutuskan produk baru apa yang akan dipasarkan.
Kebutuhan
konsumen jasa survei pasar yang dinamis dan cepat berubah sewaktu-waktu
menjadi tantangan sekaligus peluang bagi keberlangsungan bisnis suatu
perusahaan. Situasi tersebut menuntut perusahaan untuk selalu dapat beradaptasi
dengan kondisi pasar terkini (up to date).
Sehingga
survei pasar perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar terkini. Sehingga,
perusahaan mendapatkan informasi aktual dan terkini dari konsultan untuk
menyusun strategi pemasaran berikutnya.
Akibatnya jasa survei pasar,
fungsi manajemen pemasaran juga tergantung pada informasi yang didapat dari
hasil riset pasar yang dilakukan. Hal ini berlaku untuk semua sektor bisnis
menengah ke bawah seperti UMKM hingga perusahaan sektor manufaktur.
Untuk
memberi kepuasan terhadap sebuah produk kepada konsumen bukanlah hal yang
mudah. Bahkan, perusahaan biasanya membutuhkan seorang konsultan riset pasar.
Konsulltan survei pasar harus mampu menganalisa kondisi pasar terkini
meliputi tantangan atau ancaman dan peluang bagi perusahaan.
Kegiatan
riset juga mencakup investigasi terhadap kebutuhan produk maupun jasa yang
dibutuhkan konsumen saat ini. Riset pasar juga dilakukan dengan segmentasi
pasar. Konsultan jasa survei pasar harus melakukan segmentasi pasar.
Segmentasi
pasar yaitu mengelompokkan target pasar menjadi beberapa bagian atau segmen
menurut konsumen. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui kebutuhan produk dan
jasa setiap kelompok konsumen berbeda. Sehingga, target perusahaan dapat
tercapai dengan baik.
Sebagai
konsultan jasa survei pasar, tugas besar bukan hanya tentang bagaimana
mengetahui kondisi pasar saat ini atau kebutuhan konsumen saja, namun juga
persaingan bisnis antar perusahaan dan analisa kondisi pasar di masa depan
berdasarkan kondisi pasar saat ini.
Hal
ini menuntut perusahaan menyusun strategi jangka pendek mau pun jangka panjang.
Selain itu, konsultan juga harus mengklasifikasikan riset pemasaran meliputi
identifikasi masalah dan peneyelesaian masalah.
Tidak
hanya melakukan riset kondisi pasar saat ini, namun juga jasa survei pasar menganalisa
kondisi pasar di masa yang akan datang. Sehingga, perusahaan mampu menentukan
strategi altenatif untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan.
Konsultan
riset pasar juga dituntut untuk mampu menganalisa kondisi pasar di masa
yang akan datang. Tugas besar lain sebagai konsultan yaitu desain kuesioner,
metode pengambilan data, analisis data, interpretasi dan pelaporan masalah
dalam bentuk laporan akhir.
Dalam
hal memberikan informasi pasar, konsultan jasa survei pasar harus dapat
menggunakan data ilmiah artinya bukan sembarang data alias data yang mendukung
informasi harus dari sumber akurat.
Selain
itu, konsultan juga harus bersifat obyektif sehingga informasi pasar akurat.
Prosedur riset pasar juga dilakukan secara sistematis, direncanakan dan
didokumentasikan dengan baik, serta melalui tahapan metodologis agar perusahaan
menyusun strategi pemasaran dengan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar