Analisiskonjoin adalah teknik multivariat yang khusus digunakan untuk memahami
bagaimana responden mengembangkan preferensi terhadap suatu produk atau jasa.
Hal ini di dasarkan pada premis bahwa konsumen menilai produk atau jasa dengan
cara mengkombinasikan jumlah nilai dari masing-masing atribut yang terpisah.
Teknik analisis konjoin
yang digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan yang relatif berdasarkan
persepsi pelanggan yang dibawa oleh suatu produk tertentu dan nilai kegunaan
yang muncul dari atribut-atribut produk terkait.
Dalam analisis konjoin atribut
yang diukur berdasarkan kategori, fungsi kegunaannya mengandung dugaan parthworth atau disebut utility function, yaitu kegunaan atau
utility yang dikaitkan oleh pelanggan pada
tingkatan atau level. Dengan fungsi parth-worth kita dapat memperoleh tingkatan preferensi konsumen terhadap
atribut yang diberikan.
Nilai Kepentingan Taraf (NKT) digunakan untuk menentukan
nilai pentingnya suatu taraf relatif terhadap taraf yang lain pada suatu atribut. NKT didapat dari nilai peubah objek untuk
taraf suatu atribut yang dimasukkan ke dalam model konjoin, dimana nilai taraf peubah
objek untuk atribut yang lain tetap atau dimasukkan nilai nol.
Nilai Relatif Penting (NRP) digunakan untuk mengetahui
tingkat kepentingan relatif suatu atribut terhadap atribut yang lain.
Ada dua cara dalam
merancang kombinasi atribut (stimuli), yaitu pendekatan kombinasi berpasangan (pairwise comparison) atau evaluasi dua faktor
dan kombinasi lengkap (full profil) atau evaluasi banyak faktor
Full Profile
Analisis konjoin full
profile merupakan rancangan kombinasi yang menggambarkan profil produk
secara lengkap. Jumlah stimuli dapat dikurangi dengan menggunakan fractional
factorial design. Untuk membentuk stimuli dirancang
dengan menggunakan SPSS For Windows 17.0 sehingga
diperoleh 16 stimuli dengan menggunakan orthogonal array.
Responden mengevaluasi masing-masing stimuli dengan cara rating
(memberi nilai peringkat), mulai dari stimuli yang paling diminati
hingga stimuli yang paling tidak diminati.
Pairwise omparison
Melalui pendekatan ini,
dibandingkan pasangan profil dari dua atribut. Responden diminta untuk mengevaluasi
pasangan-pasangan atribut secara bersamaan. Kemudian, responden diminta untuk
memberi ranking pada atribut mana saja yang lebih diminati dari setiap pasangan
atribut.
Contoh hasil analisis
konjoin dengan menggunakan Full Profile dapat dilihat pada uraian berikut ini.
Pada penjelasan
sebelumnya sudah kami uraikan analisis konjoin dalam suatu penelitian. Untuk hal-hal
yang berkaitan teknis ataupun proses pengerjaan analisis konjoin dapat
dikonsultasikan dengan kami pada layanan kontak yang ada pada laman web ini.
https://www.youtube.com/watch?v=c5Od6a7Fw-c&t=18s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar