Selasa, 07 Mei 2019

Jasa Pengolahan Data Statistik



Saat ini jasa pengolahan data statistik sangat dibutuhkan mengingat pentingnya hasil analisis statistik untuk berbagai bidang. Mulai dari bidang penelitian akademis hingga untuk keperluan bisnis banyak yang membutuhkan pengolahan data statistik. Statistik sendiri membantu suatu data agar bisa ditarik kesimpulan sehingga bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan suatu keputusan atau kebijakan.

Pengolahan Data Statistik
Pengolahan data statistik sendiri merupakan upaya untuk mengolah data menjadi informasi sehingga sifat-sifat atau karakteristik data dapat dengan mudah dipahami serta memiliki manfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan data tersebut. Sederhananya, pengolahan data statistik merupakan pekerjaan untuk melakukan pengolahan pada suatu kumpulan data dengan ilmu statistik. Dimana biasanya jasa pengolahan data statistik menggunakan software statistik untuk membantu dalam mengolah data.
Dari penjelasan tersebut, pengolahan data statistik memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut ini:
1. Untuk mendeskripsikan data yang biasanya dalam bentuk frekuensi, ukuran tendensi sentral maupun dalam ukuran dispersi sehingga bertujuan untuk memahami karakteristik data yang diolah tersebut.
2.  Membantu menarik kesimpulan atau membuat induksi tentang karakteristik populasi berdasarkan sampel data yang diperoleh.
3. Membantu dalam membuat estimasi terkait nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang dianalisis.
4.  Membantu untuk membuat estimasi terkait suatu hipotesis yang diterima dimana estimasi tersebut nantinya digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Pada intinya, pengolahan data statistik diperlukan dalam menyederhanakan suatu kumpulan data hasil riset agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Melalui hasil penarikan kesimpulan dari suatu pengolahan data statistik juga dapat digunakan untuk menentukan strategi atau kebijakan yang tepat bagi suatu instansi atau perusahaan.

Jasa Pengolah Data Statistik
Melihat pentingnya pengolahan data statistik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oleh karenanya peran jasa pengolahan data statistik sangat membantu dalam mengolah suatu data hasil riset bagi Anda yang tidak mengetahui cara mengolah data statistik. Jasa seperti ini membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan statistik dengan menggunakan beberapa metode statistik seperti berikut ini:
1. Statistik Inferensi yang meliputi Uji Satu Sampel (mean), Uji Dua Sampel Independen/ Berpasangan, Uji ANOVA, Uji Kebebasan dan Difference-in-Differences
2.  Analisis Regresi yang meliputi Regresi Linier, Regresi Logistik Biner, Ordinal & Multinominal, Regresi, Two-Stages-Least-Square dan Three-Stages-Least-Square, Regresi Data Panel, Endogenous Switching Regression dan GWLR.
3. Structural Equation Modeling (SEM) yang meliputi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kuesioner, Comfirmatory Factor Analysis (CFA), Second Order Confirmatory Factor (SOCF), Structural Equation Modeling (SEM), Model SEM mediasi dan Model SEM Moderasi, Multigroup Moderation Model, Analisis Jalur dan SEM-PLS
4.   Analisis Runtun Waktu yang meliputi Model Runtun Waktu Stationer & Non-Stationer (ARIMA), Model Runtun Waktu Musiman for Forecasting, Time Series Regression, Model ARDL, Markov-Switching Regression dan Model Fungsi Transfer Multi Input.
5.   Operation Reseacrh yang mencakup Linier Programming (LP), Integer Linier Programming (ILP), Goal Programming (GP) dan Non-Linier Programming ( NLP).
6.  Data Mining yang meliputi Classification Algorithm, Cluster Algorithm, Association Algorithm, Neural Network dan Support Vector Machine.

Dengan beberapa metode statistik yang disediakan oleh jasa pengolah data statistik tentunya dapat memudahkan Anda yang membutuhkan hasil pengolah data secara statistik. Sehingga manfaatnya bisa membantu Anda untuk menentukan strategi atau langkah seperti apa yang akan diambil sesuai dengan data yang sudah disimpulkan. Itulah mengapa peran jasa pengolahan datastatistik sangat berguna dalam berbagai bidang.

Kami juga menyediakan jasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulasi dengan Vensim

Simulasi dengan Vensim adalah perangkat lunak simulasi sistem dinamis yang digunakan untuk memodelkan, menganalisis, dan mensimulasikan ber...