Jumat, 05 April 2019

Riset Pasar

Konsultan riset pasar merupakan hal yang sering dilakukan suatu perusahaan baik itu perusahaan produk maupun jasa. Riset pasar merupakan hal terpenting yang harus diketahui seorang pebisnis. Melalui riset pasar maka seorang pengusaha bisa mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan masyarakat, sekaligus mengetahui siapa saja pesaingnya. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan pesaing yang ada, maka produk dan service yang dibuat atau diberikan bisa sesuai dengan keinginan pasar. Keuntungan pun bisa didapatkan. Dalam riset pasar selain untuk mengetahui kebutuhan pasar dan siapa saja pesaing usaha, masih banyak lagi manfaat dari riset pasar. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Berikut ini akan dibahas lebih dalam mengenai kepentingan riset pasar. Mungkin anda bisa menyimak untuk menambah pengetahuan dalam dunia bisnis.

Pentingnya Riset Pasar Dalam Dunia Bisnis
Riset pasar biasanya dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Tetapi ketika sudah menjalankan sebuah usaha, anda juga masih bisa melakukan riset pasar. Pentingnya riset pasar memang cukup besar sehingga kegiatan ini tidak bisa dilewati begitu saja. Dari hasil riset pasar, anda bisa mengetahui siapa yang membutuhkan produk atau service yang akan diberikan. Dari sini anda bisa mengambil keputusan soal segmentasi dan sasaran konsumen. Sehingga promosi yang diberikan pun sesuai dan tidak salah sasaran. Jika sudah tepat sasaran, produk bisa sampai ke konsumen dengan baik dan target bisa terpenuhi.

Selain mengetahui siapa sasaran dari produk atau service usaha anda, melalui riset pasar juga bisa diketahi dimana produk atau service tersebut akan dibutuhkan. Termasuk juga kapan produk atau service tersebut dibutuhkan. Selain itu anda juga bisa mencari tahu, kira-kira kualitas seperti apa yang dibutuhkan oleh target sasaran anda. Tentunya semua konsumen menginginkan produk berkualitas tinggi dan bisa awet dalam jangka waktu lama. Sedangkan untuk urusan service, konsumen juga tentu menginginkan service yang baik dan tidak ada cacat sedikitpun. Disinilah pentingnya riset pasar, dimana anda bisa mendapatkan semua informasi yang lebih akurat tersebut karena berasal dari sang konsumen langsung.

Anda juga dapat mengetahui berapa besar permintaan yang ada di pasar sekaligus potensi permintaan yang sekiranya akan muncul. Pentingnya riset pasar juga untuk mengetahui informasi mengenai kapan permintaan akan memuncak dan kapan akan menurun. Melalui riset pasar juga bisa diprediksi mengenai trend apakah yang akan menurun dan memuncak. Dengan semua informasi yang ada tersebut, tentunya anda sebagai pengusaha bisa menentukan kira-kira keputusan apa yang harus dibuat agar keuntungan bisa tetap datang dan anda tidak mengalami rugi. Selain itu hasil dari riset pasar juga berpengaruh terhadap inovasi baru yang akan diangkat oleh seorang pengusaha. Hal ini erat kaitannya dengan peningkatan kualitas dari sebuah produk atau jasa.

Setelah mengetahui seberapa pentingnya riset pasar, mungkin sebagian dari anda yang membaca langsung ingin melakukan kegiatan satu ini. Ada banyak metode riset pasar yang biasa dilakukan. Kita ambil yang paling umum saja, yaitu wawancara dan kuisioner. Untuk metode wawancara, maka konsumen diberikan pertanyaan yang terkait dengan produk. Sedangkan dalam metode kuisioner, akan diambil sampel dari sebuah wilayah dan diberikan pertanyaan yang terkait dengan produk tersebut. Kedua metode tersebut tidak selalu berdiri sendiri. Anda bisa menggunakan kedua metode tersebut secara bersamaan. Karena wawancara dan kuisioner cenderung saling melengkapi. Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya riset pasar, semoga dapat berguna untuk anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengolahan DMAIC dengan Six Sigma

DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) adalah salah satu metodologi utama dalam Six Sigma, yang merupakan kerangka kerja yang di...