Selasa, 08 September 2020

Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi

 Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi merupakan bidang konsultan jasa yang bergerak di bidang pengolahan tugas akhir mahasiswa dari berbagai jenjang S1, S2, dan S3. Dalam mengoperasikannya harus berbasis pada piranti lunak tertentu yang menjadi alat pengolahan data.



Konsumen yang terdiri atas berlatar belakang mahasiswa sarjana dan mahasiswa pascasarjana yang belum memiliki waktu menjadi sasaran dari olah data ini. Umumnya, data mahasiswa yang diolah terdiri atas bagian tabulasi data normal, uji asumsi klasik, uji korelasi, dan terakhir uji regresi. Olah data terkait hanya memfokuskan pada edukasi sosial perguruan tinggi

Kriteria Data Mentah Yang Baik

Sebelum data tersebut diolah, maka cermati terlebih dahulu secara seksama, apakah ada kesalahan pada tabulasi data ? Apabila ada kesalahan, segera temukan dan perbaiki. Persiapkan dokumen tersebut dengan alat pengumpul data lain seperti kuesioner, keterangan responden, dan laporan excelnya. Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi tinggal mengatur dan memprogramnya saja.

Tentukan juga piranti lunak yang akan dipilih sebagai alat pengolah data Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Ada beberapa program komputer yang biasanya mengolah data numeric tersebut, yakni : program SPSS, program LISREL, Program Eviews, dan lain – lain. Semua piranti lunak tersebut memiliki segmentasi sendiri sesuai kebutuhan.

Tentukan Segmentasi Responden

Pemilihan responden ditunjukkan ke sasaran harus berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang bersangkutan dalam menyusun tugas akhirnya. Tahapan pertama harus dilalui dengan baik sebelum melangkah pada tahapan selanjutnya, yakni : Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Tahapan Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi merupakan tahapan yang tidak sulit sepanjang konsisten menjalankannya. Apabila dirasa tidak mumpuni bisa diserahkan kepada pihak konsultan statistik independen yang ahli dalam bidang tersebut. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit plus meluangkan waktu untuk berkonsultasi ke pihak terkait.

Tentukan Jenis Pengujian Statistik

Konsultan Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi akan menanyakan kebutuhan pengujian statistik dan piranti lunak yang akan dijalankan untuk tugas akhirnya. Apabila bingung, maka bisa ditinjau pada perpustakaan setempat. Program sarjana dan pasca sarjana bisa berbeda – beda tergantung jurusan. Fokus dan konsentrasi pada jurusan yang menjadi bidangnya dan tidak keluar dari jalur tersebut.

Meskipun begitu, tetap ada pola tugas akhir yang tidak jauh berbeda secara signifikan. Jenis pengujiannya bisa berbentuk uji asumsi klasik, uji tabulasi data, dan berbagai uji model lain. Meskipun data kuesioner di delegasikan ke pihak lain, tetap pihak pertama yakni mahasiswa bersangkutan wajib mengetahui cara perhitungan dan cara kerja olah data tugas akhir tersebut.

Tentukan Badan Konsultan Jasa tersebut

Cermati latar belakang jasa konsultan di bidang Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cermati latar belakang supaya tidak mudah terkecoh dan tidak dirugikan. Berikan uang muka di bawah 50% sebagai tanda jadi plus menjaga kinerja jasa tersebut bagus atau tidak. Apabila sudah yakin, silahkan menyerahkan sebagian dari tugas akhir tersebut kepada pihak terkait.

 Biasanya proses pengolahan data tersebut memakan waktu selama 2 minggu, jadi bersabarlah. Apabila durasi waktunya ingin lebih singkat lagi, maka biaya yang dikenakan cukup besar di atas normal. Pertimbangan waktu menjadi salah satu acuannya. Upayakanlah jauh – jauh hari sudah terkumpul data responden sehingga pengerjaannya tida terburu – buru.

Demikian arahan dan instruksi Olah Data Skripsi, Tesis, dan Disertasi ini diberikan sebagai bahan renungan yang harus dilakukan supaya mahasiswa yang bersangkutan tidak salah melangkah. Langkah ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam menyusun data sendiri dan bahkan membantu teman dalam mengerjakan tugas akhirnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...