Selasa, 15 September 2020

Jasa Konsultan Statistik

 

Jasa Konsultan Statistik – Statistik merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam berbagai hal. Statistik merupakan sebuah disiplin ilmu yang memiliki keterkaitan dengan pengumpulan, pengaturan, analisis, interpretasi, dan juga penyajian data yang cukup sering digunakan pada berbagi bidang seperti pada permasalahan ilmiah, dunia industri, dan atau pun juga terkait dengan permasalahan atau pemetaan sosial.


Statistik memiliki keterkaitan dengan berbagai aspek data, mulai dari proses perencanaan dan pengumpulan data baik melalui metode survei maupun juga secara eksperimen. Setiap proses statistik senantiasa melibatkan keberadaan data-data penunjang. Dengan berbekal data-data yang dimiliki tersebut, maka berbagai
insight dapat diprediksi setelah melakukan analisis terhadap data-data statistik yang dimiliki.

Meskipun statistik menjadi salah satu komponen yang cukup penting, namun nyatanya tidak semua orang dapat memahami dan mengerti secara gamblang dan menyeluruh mengenai tiap-tiap aspek yang ada pada statistik. Kendala-kendala inilah yang pada akhirnya memunculkan sejumlah jasa konsultan statistik diberbagai wilayah.

Keberadaan jasa yang menyediakan layanan konsultasi statistik ini salah satunya untuk membantu sejumlah kalangan untuk melakukan analisis dan penanganan terhadap sejumlah data-data statistik sesuai dengan ranah dan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa kalangan yang biasanya membutuhkan ‘bantuan’ dari jasa layanan konsultas statistik mulai dari mahasiswa, dosen, praktisi, kalangan umum, dan bahkan tak jarang beberapa pelaku bisnis.

Jika Anda tengah mencari suatu layanan yang menyediakan jasa konsultasi statistik, perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih jasa yang akan Anda ‘percayai’ untuk menyelesaikan permasalahan data statistik Anda. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah jasa konsultan statistik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Pilih Penyedia Jasa Statistik Yang Berlatar Belakang Statistika

Salah satu cara memilih jasa konsultan statistik yang cukup penting adalah dengan memperhatikan latar-belakang orang-orang yang bekerja pada jasa konsultan tersebut. Sangat dianjurkan untuk memilih penyedia jasa yang mempekerjakan orang-orang atau ahli statistika yang memang memiliki pendidikan dalam bidang statistika murni atau pun matematika.

Dengan memilih layanan jasa yang memiliki pengelola dari kalangan ahli statistika, maka validitas analisis yang dikerjakan akan lebih bisa dipertanggung-jawabkan karena memang latar-belakang yang dimiliki telah menunjang profesi tersebut. Selain itu, orang-orang yang memiliki latar-belakang sebagai ahli dalam bidang statistika juga sudah akan terbiasa dengan berbagai analisis data sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam hal analisis  statistik.

Pertimbangkan Pengalaman Dan Profesionalitas Yang Dimiliki

Memilih jasa konsultan statistik juga perlu mempertimbangkan pengalaman dan aspek profesionalitas yang dimiliki. Semakin berpengalaman suatu jasa penyedia layanan konsultan statistik maka akan lebih ‘mudah’ untuk menangani permasalahan-permasalahan statistik yang Anda miliki sehingga diperoleh penyelesaian yang sesuai dan optimal.

Pertimbangkan Pemberian Garansi Olah Data

Sudah sepantasnya setiap layanan jasa memberikan suatu garansi atas layanan yang mereka jual. Pun begitu juga dengan layanan jasa konsultan statistik. Sebaiknya memilih penyedia layanan konsultasi yang memberikan garansi pada hasil olah data yang dilakukan. Dengan adanya jaminan tersebut maka Anda bisa melakukan klaim apabila dikemudian hari hasilnya tidak sesuai seperti dengan yang dijanjikan.

Pastikan Memiliki Alamat Kantor Yang Jelas

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih layanan jasa statistik adalah dengan mempertimbangkan kejelasan alamat yang kantor yang dimiliki. Alamat yang jelas tentu dapat menjadi salah satu indikasi mengenai profesionalitas layanan penyedia jasa konsultasi tersebut. Selain itu, dengan alamat yang jelas maka Anda akan lebih mudah untuk mendatangi kantor yang bersangkutan bila terjadi sesuatu yang kurang berkenan terkait dengan data yang ada.

Keberadaan jasa konsultan statistik memang cukup penting bagi beberapa kalangan. Dengan adanya layanan jasa konsultasi tersebut akan semakin memudahkan orang-orang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan berbagai aspek dalam statistik mulai dari ranah permasalahan ilmiah, industri, bisnis, bahkan hingga pemetaan permasalahan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulasi dengan Vensim

Simulasi dengan Vensim adalah perangkat lunak simulasi sistem dinamis yang digunakan untuk memodelkan, menganalisis, dan mensimulasikan ber...