Jumat, 15 Mei 2020

Jasa dan Konsultasi Statistik Desain Eksperimen (Percobaan)

Jasa dan konsultasi statistik tidak akan pernah lepas dari dunia penelitian. Penelitian yang sering dilakukan dalam pendidikan atau reset adalah desain eksperimen atau percobaan. Karena banyaknya kaidah-kaidah ilmiah yang harus dipenuhi dalam melakukan penelitian percobaan sering sekali para peneliti manggunakan atau menggandeng jasa atau konsultan yang profesionel atau berpengalaman yang membantu menyelesaikan penelitiannya. Jasa dan Konsultasi Statistik Desain Eksperimen (Percobaan) sering sekali dihubungi masalah penelitiannya tersebut. Hal tersebut terjadi karena banyak sekali tipe, jenis, aturan atau ketentuan dalam pengujian suatu percobaan sehingga Jasa dan Konsultasi Statistik Desain Eksperimen (Percobaan) sangat diperlukan.


Desain suatu eksperimen bertujuan untuk memperoleh atau mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang diperlukan dan berguna dalam melakukan penelitian persoalan yang akan dibahas. Meskipun demikian, dalam rangka usaha mendapatkan semua informasi yang berguna itu, hendaknya desain dibuat sesederhana mungkin. Penelitian juga hendaknya dilakukan dengan seefesien mungkin mengingat waktu, biaya, tenaga, dan bahan yang harus digunakan. Hal ini juga penting mengingat pada kenyataan bahwa desain yang sederhana akan mudah dilaksanakan, dan data yang diperoleh berdasarkan desain demikian akan mempercepat penganalisaan di samping juga akan bersifat ekonomis. Jadi jelas hendaknya, bahwa desain eksperimen berusaha untuk memperoleh informasi yang maksimum dengan menggunakan biaya yang minimum.

Jasa dan Konsultasi StatistikDesain Eksperimen (Percobaan) yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

Rancangan Acak Lengkap
Eksperimen yang hanya mempunyai sebuah faktor yang nilainya berubah-ubah disebut eksperimen faktor tunggal. Faktor yang diperhatikan dapat memiliki sejumlah taraf dengan nilai yang bisa bersifat kuantitatif dan kualitatif, bersifat tetap ataupun bersifat acak. Pengacakan mengenai eksperimen tidak ada pembatasan, dan dalam hal demikian diperoleh desain yang diacak secara sempurna atau secara singkat disebut dengan desain acak sempurna. Jadi, desain acak sempurna adalah desain dimana perlakuan dikenakan sepenuhnya secara acak kepada unit-unit eksperimen, atau sebaliknya. Dengan demikian tidak terdapat batasan terhadap pengacakan seperti misalnya dengan adanya pemblokan dan pengalokasian perlakuan terhadap unit-unit eksperimen.

Rancangan Acak Kelompok
Pengelompokan dilakukan untuk mengendalikan variansi error eksperimen untuk mendapatkan kepresisian yang lebih tinggi. Dalam rancangan acak kelompok, diasumsikan bahwa unit eksperimen relatif homogen terhadap variabel respon yang terukur. Pembagian dilakukan terhadap unit-unit eksperimen menjadi kelompok yang homogen, atau menjadi seperti unit-unit.

Rancangan Bujur Sangkar Latin
Pada beberapa kasus, pemblokan harus dilakukan pada dua faktor atau lebih dengan perlakuan yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen. Misalnya adalah eksperimen menguji empat perlakuan ban A, B, C dan D pada empat mobil. Baris merupakan kriteria blocking untuk modil dan kolom merupakan kriteria blocking untuk posisi ban.

Eksperimen Faktorial
Eksperimen faktorial adalah eksperimen dengan desain perlakuan faktorial yang terdiri dari seluruh kombinasi yang mungkin dari level-level beberapa faktor. Level dapat berupa kuantitatif (bernilai metrik) juga dapat kualitatif (bernilai non-metrik).

Untuk menggunakan Jasa dan Konsultasi Statistik Desain Eksperimen (Percobaan) anda dapat menghubungi kontak kami yang ada di website ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Konsultasi dan Privat Masalah Tugas Akhir

Dalam mengerjakan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi atau penelitian lainnya) akan banyak sekali tantangan yang harus di hadapi. Sehingg...